fbpx

Butuh rekomendasi Tempat wisata Surabaya yang asyik dan seru untuk disambangi? Maka kamu bisa menemukan banyak referensi yang cukup menarik. Pasalnya di Surabaya ternyata tak hanya menyediakan mall sebagai lokasi yang asyik untuk dikunjungi. Akan tetapi juga tempat-tempat wisata dari alami sampai buatan apik tangan manusia.

Rekomendasi Tempat wisata Surabaya dan juga sekitarnya

Kini tak perlu pusing lagi hendak berkunjung ke tempat wisata mana saja saat menyambangi Kota Pahlawan. Sebab kamu bisa mempertimbangkan beberapa rekomendasi menarik yang dikenal asyik berikut ini:

  1. Hutan Bambu Keputih

Rekomendasi pertama untuk menikmati kota Surabaya adalah dengan mampir ke obyek wisata bernama Hutan Bambu Keputih. Tempat ini dulunya merupakan tempat pembuangan sampah, namun dipugar menjadi hutan bambu. Kini tempat ini menjadi tempat tumbuhnya ratusan batang bambu yang memberikan susana asri dan pemandangan indah.

Penanaman pohon bambu ditata sedemikian rupa agar menyediakan spot terbaik bagi pengunjung untuk bersantai. Menjelajahi satu titik ke titik lainnya pun menjadi lebih mudah. Bahkan banyak yang berujar jika suasana di dalam Tempat wisata Surabaya satu ini mirip dengan hutan bambu di Jepang.

Menariknya tak hanya pohon bambu yang disuguhkan namun juga bunga sakura yang cantik jelita. Penasaran ingin menikmati sensasinya? Maka bisa mengunjunginya di Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya. Rute perjalanannya dimulai dari RS Bersalin Putri dan tinggal lurus terus hingga memasuki Perumahan Araya.

Setelah sampai di pertigaan, belok ke kanan yakni ke arah Terminal Keputih, dan dari terminal tinggal belok kiri. Sampailah di lokasi Hutan Bambu Keputih yang dikenal menawarkan spot foto terbaik. Kabar baiknya lagi di tempat wisata ini tidak ada tiket masuk, alias gratis dan pengunjung cukup membayar parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

  1. Kenpark Surabaya

Salah satu tempat wisata menarik lainnya di Surabaya adalah Kenpark Surabaya yakni Kenjeran Park. Tempat wisata satu ini berdekatan dengan Pantai Kenjeran, yakni hanya berjarak sekitar 1km saja. Dulunya wisatawan fokus mampir ke Pantai Kenjeran hanya saja kini lokasinya dipenuhi sampah dan kotor.

Maka wisatawan, termasuk kamu bisa beralih ke Kenjeran Park atau yang lebih familiar disebut Kenpark Surabaya. Konsep Tempat wisata Surabaya satu ini mengusung gaya DisneyLand yang kabarnya akan menjadi Universal Studio versi Indonesia. Pengunjung cukup membayar tiket masuk Rp 15.000 untuk masuk kawasan Kenpark.

Namun jika ingin masuk ke Waterpark bisa menambah biaya Rp 10.000 di hari kerja dan Rp 15.000 di akhir pekan. Bisa pula memilih masuk ke Atlantis Land dengan biaya Rp 125.000 untuk dewasa dan Rp 100.000 untuk anak-anak. Lokasinya sendiri ada di Jl. Sukolilo, Desa Sukolilo, Kec. Bulak, Surabaya

Rute perjalanan menuju Kenpark Surabaya terbilang mudah, pertama jika didatangi dari Stasiun Gubeng bagi pengguna moda transportasi kereta api. Melalui stasiun bisa pindah ke angkot T2 jurusan Joyoboyo-Mulyosari-Kenjeran. Turun dari angkot sudah masuk ke kawasan obyek wisata ini.

Apabila kamu mengunjungi obyek wisata ini memakai transportasi bus maka dari terminal Bungrasih pindah ke bus jurusan Joyoboyo. Turun di terminal Joyoboyo dan oper ke angkot Lyn P jurusan Joyoboyo-Kenjeran. Bisa pula memilih oper ke angkot T2 jurusan Joyoboyo-Mulyosari-Kenjeran.

  1. Ekowisata Mangrove

Bagi kamu yang tertarik menjelajahi keindahan dari hutan mangrove, maka bisa berkunjung ke Surabaya. Sebab disini ada Ekowisata Mangrove yang terletak di Jl. Raya Wonorejo No. 1 Kec. Rungkut, Surabaya. Masyarakat setempat juga menyebut tempat wisata ini dengan sebutan Wisata Mangrove Wonorejo dan Mangrove Gunung Anyar.

Memasuki kawasan hutan mangrove ini memang tidak dikenai biaya, namun kamu perlu menyewa perahu untuk sampai ke lokasi. Sewa perahu termurah Rp 25.000 per orang dan jika ingin lebih cepat bisa menyewa speedboat dengan biaya Rp 300.000. Meski kawasan wisata ini masih terbilang baru karena resmi dibuka 2010 kemarin dan masih dalam tahap pengembangan.

Kamu masih bisa menikmati suguhan pemandangan yang indah dan menyegarkan karena pepohonan mangrove yang tengah tumbuh di sepanjang pantai. Hanya saja setiap wisatawan diberi batas waktu menjelajahi kawasan ini hanya 1.5 jam saja. Maka pastikan memanfaatkan jatah waktu ini dengan maksimal.

Sedangkan untuk rute perjalanan, kamu yang memilih memakai transportasi umum kereta api bisa turun di Stasiun Pasar Turi. Melalui stasiun ini bisa pindah ke angkot Lyn D dengan jurusan Sidorame-Pasar Turi-Joyoboyo. Sesampainya di terminal Joyoboyo pindah ke angkot Lyn U jurusan Joyoboyo-Wonorejo. Minta ke sopir angkot turun di ujung trayek wisaya Wonorejo dan oper naik ojek.

  1. Kebun Bibit

Pilihan Tempat wisata Surabaya ternyata tak hanya ramah untuk anak muda dan orang dewasa. Salah satu rekomendasi tempat asyik yang juga cocok untuk buah hati adalah Kebun Bibit yang ada di Jl. Kendal Sari Blok RK No. 70 Wonorejo, Rungkut, Surabaya. Tempat wisata satu ini memadukan pemandangan hijau dari aneka jenis tanaman dan pepohonan dengan aneka jenis satwa.

Mampir kesini bisa sekalian mengajak anak-anak mengenal alam dan satwa yang hidup di dalamnya dari dekat. Tersedia area outbound dan juga playground yang ramah untuk anak-anak. bahkan bisa menikmati pengalaman memberi makan rusa yang berkeliaran bebas di area tertentu di taman wisata ini.

Masuk kesini gratis, karena memang tidak ada tiket masuk sehingga menjadi tempat wisata ekonomis. Sedangkan untuk rute perjalanan menuju ke kawasan ini lebih dianjurkan naik kereta dan turun di Stasiun Wonkromo. Sebab dari depan stasiun tinggal naik ojek dan bisa langsung turun di depan obyek wisata satu ini.

  1. Food Junction Grand Pakuwon

Kalau kamu lebih menyukai kegiatan wisata kuliner maka saat menjadikan Surabaya sebagai destinasi, wajib mampir ke Food Junction Grand Pakuwon. Tempat wisata kuliner yang populer ini berada di Jl. Grand Banjar Boulevard, Tandes, Banjar, Sugihan, Surabaya. Tempat wisata ini masih tergolong baru karena resmi dibuka pada 22 Agustus 2016.

Meski masih muda, namun sejak awal disini sudah sukses memanjakan wisatawan yang hendak memanjakan lidah. Dimulai dari kehadiran tempat makan terbuka tepat di tepi danau yang desain arsitekturnya spektakuler. Sampai adanya 100 tenant yang menawarkan kuliner baik dari dalam maupun luar negeri.

Kamu ketika mampir kesini cukup merogoh kocek untuk menu makanan yang dipesan, sebab sampai sekarang biaya parkirnya masih gratis. Harga makanannya pun terbilang realistis dimulai dari seporsi Nasi Pecel seharga Rp 10.000 saja. Sampai makanan ala food court di pusat perbelanjaan dengan kisaran Rp 20-30ribuan saja.

Dianjurkan untuk mampir ke Tempat wisata Surabaya satu ini menggunakan kendaraan pribadi, atau menyewa. Rutenya sendiri bisa dipilih dari arah Margomulyo atau Banyuurip yang tinggal lurus saja. Setelah sampai di pom bensin Banjar Sugihan maka akan langsung terlihat gerbang masuk ke Food Junction Grand Pakuwon. Selanjutnya tinggal mengikuti petunjuk arah fly over yang disediakan untuk sampai ke lokasi wisata kuliner.

  1. Pelabuhan Tanjung Perak

Sedangkan untuk kamu yang memiliki hobi fotografi atau menjelajahi tempat-tempat dengan pemandangan yang khas. Maka tidak ada salahnya mampir ke Pelabuhan Tanjung Perak yang berada di kawasan Kelurahan Perak Timur, Kec. Pabean Cantikan, Surabaya. Sebagai pelabuhan yang masih beroperasi sampai sekarang otomatis tidak ada tiket masuk.

Dianjurkan untuk berkunjung di kala sore supaya bisa mendapati pemandangan senja yang menakjubkan. Nikmati pemandangan di sekitar pelabuhan dari atas agar jarak pandang tidak memiliki batasan. Selain melihat banyak kapal berlabuh juga bisa menikmati keindahan jembatan Suramadu dari jauh. Lokasinya yang strategis berdekatan dengan banyak fasilitas publik.

Salah satunya adalah tempat makan yang menawarkan banyak pilihan menarik untuk mengisi perut sekaligus memanjakan lidah. Menjangkau lokasi pelabuhan terbesar inipun sangat mudah karena berdekatan dengan salah satu pintu tol. Jarak pelabuhan dengan Malang kota sekitar 101 km, yang terbilang lumayan jika ditempuh dari kota sejuk di Jawa Timur tersebut.

Dianjurkan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan agar terasa lebih nyaman sekaligus merasakan kemudahan menjangkau lokasinya. Dimulai dari pintu masuk tol Surabaya-Gempol. Sesampainya di Perak Utara bisa mengambil jalur keluar ke-3, yang terhubung ke Jl Tanjung Priok. Setelah melihat pertigaan Taman Burunawati belok ke kiri lurus terus sampai masuk ke Jl. Perak Baru, disinilah Pelabuhan Tanjung Perak bisa ditemukan.

  1. Air Mancur Menari

Jika kamu mampir ke Surabaya dijamin akrab dengan tempat-tempat wisata seperti waterpark dan café-café yang cantik. Namun sudahkah mengunjungi Tempat wisata Surabaya bernama Air Mancur Menari? Nama tempat wisata ini menjadikannya sebagai pilihan terbaik untukk disambangi.

Lokasi Air Mancur Menari berada tepat di Jembatan Kenjeran yakni terletak di Jl. Pantai Kenjeran Lama. Lokasinya memang dikenal luas karena ada Pantai Kenjeran sampai Kenjeran Park Surabaya. Saat mampir kesini jangan lupa masuk ke kawasan Jembatan Kenjeran untuk melihat atraktis air mancur warna-warni di malam hari.

Atraksi air mancur disini tidak hanya mengandalkan sistem pencahayaan yang mempesona. Namun juga iringan musik yang mendayu mengiringi pergerakan air mancur yang naik turun secara beraturan. Menjangkau lokasinya cukup mencari lokasi Pantai Kenjeran Lama dan mencari THP, lokasi Air Mancur Menari ada di sebelah kirinya.

Biasanya atraksi air menari disini bisa dinikmati di Sabtu malam, antara jam 8-9 malam sehingga wajib datang tepat waktu. Agar bisa menikmati atraksi air mancurnya kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000 saja. Berhubung tidak setiap saat atraksi air mancurnya bisa dinikmati, maka usahakan mengatur jadwal kunjungan sebaik mungkin.

  1. Balai Kota Surabaya

Memasuki Jl. Walikota Mustajab Surabaya Ketabang, Genteng, Surabaya maka kamu akan melihat penampakan Balai Kota yang ditata rapi sekaligus indah di Surabaya. Balai kota ini bahkan menjadi salah satu Tempat wisata Surabaya yang asyik untuk dikunjungi. Terdapat taman yang dihiasi aneka jenis tanaman hias yang membuat pusat kota Surabaya menjadi hijau.

Pengunjung lokasi ini juga bisa menikmati banyak titik menarik untuk mengabadikan foto. Sebab tersedia beberapa properti kursi taman dengan pemandangan indah di  belakangnya. Berkunjung kemari tidak hanya bisa dilakukan di siang hari namun juga di malam hari, yang malah memberi pemandangan spektakuler. Yakni dari warna-warni lampu kota dan lampu background tulisan Balai Kota Surabaya.

Jika kamu mampir kesini di hari Minggu maka bisa sekalian menikmati acara car free day. Akan ada banyak masyarakat yang berkunjung kemari untuk berolahraga dan mencari kuliner khas kaki lima. Tempatnya yang berada di pusat kota membuat fasilitas publik di sekitarnya lengkap. Sehingga menjadi tujuan menarik saat berwisata di Kota Pahlawan.

Masuk ke lokasi ini tentunya gratis karena memang menjadi salah satu titik yang dibuka untuk umum. Menjangkaunya pun dijamin mudah karena memang berada di titik pusat kota Surabaya. Terdapat banyak angkutan kota yang melintasi Jl. Walikota Mustajab Surabaya, sehingga mampir memakai transportasi umumpun terasa mudah.

  1. Surabaya Nort Quay

Jika menyambangi Pelabuhan Tanjung Perak maka tidak hanya bisa mampir ke pelabuhannya saja, akan tetapi juga di Surabaya Nort Quay. Tempat wisata satu ini bisa dijadikan alternatif untuk menikmati keindahan Surabaya modern di kawasan pelabuhan. Kawasan wisata satu ini masih ada di lokasi yang sama dengan Pelabuhan Tanjung Perak.

Wisatawan bisa berkunjung kemari di waktu siang ataupun malam untuk melihat kemegaan kapal pesiar internasional yang berlabuh. Ketika mengunjunginya di waktu malam maka bisa menikmati keindahan kerlap-kerlip lampu yang membentuk pemandangan super cantik. Masuk ke kawasan ini juga gratis sehingga cukup mengeluarkan modal untuk biaya parkir.

Rute perjalanan untuk menjangkaunya otomatis sama persis ketika menuju ke Pelabuhan Tanjung Perak yang sudah dijelaskan di atas. Agar tidak bingung, lokasi wisata satu ini berada di lantai dua dan tiga gedung Terminal Gapura Surya Nusantara. Masuk pula dalam titik strategis yang tentu mudah untuk dijangkau bahkan ketika memakai transportasi umum sekalipun.

  1. Surabaya Carnival Night Market

Apabila lebih menyukai wisata di malam hari maka bisa mengunjungi Tempat wisata Surabaya bernama Surabaya Carnival Night Market. Sesuai dengan namanya tempat wisata satu ini memang buka di waktu malam.  Tersedia wahana permainan khas pasar malam dalam versi lebih modern dan mewah bisa dinikmati disini. Adapun lokasinya ada di Jl. Ahmad Yani No. 333 Dukuh Menanggal, Gayungan, Surabaya.

Menikmati semua wahana di dalam Surabayan Carnival Night Market ini perlu membayar tiket sebesar Rp 85.000 per orang. Harga tiket ini tidak hanya bisa menjamin masuk ke dalam tempat wisatanya saja. Akan tetapi juga bisa naik ke 5 wahana di dalamnya secara gratis, yakni untuk wahana khusus.

Sebab beberapa wahana lainnya memerlukan tiket tambahan yang dibeli di depan wahana yang bersangkutan. Konsep dari tempat wisata ini mirip dengan pasar malam sehingga tidak hanya ada wahana di dalamnya. Namun juga para penjaja makanan dan minuman, otomatis mengajak anak-anak masuk kesini tidak akan bingung mau melakukan apa.

Berwisata ke Surabaya memang saat ini memperoleh banyak rekomendasi tempat wisata. Semua tempat wisata di Kota Pahlawan ini terlihat terus berkembang. Sehingga memberikan sensasi yang lebih baik dari waktu ke waktu. Jika masih bingung harus berkunjung kemana maka bisa kembali melirik daftar di atas.

Memastikan perjalanan semakin nyaman gunakan layanan rental mobil dari Vita Transport. Dijamin mendapatkan mobil sewaan dalam kondisi prima dan harga sewa yang menarik. Menjelajahi beragam Tempat wisata Surabaya di atas menjadi lebih nyaman dan menyenangkan bersama Vita Transport.