Indonesia Negeri Seribu Pulau dengan Ragam Destinasi Wisatanya

By Vita Transport | March 29, 2020

Indonesia merupakan negeri dengan wilayah yang sangat luas membentang dari barat hingga timur dengan sajian pesona keindahan alam, tradisi, budaya, seni, sejarah, bahkan kulinernya yang pastinya memberikan pengalaman tersendiri saat mengeksplorasinya. Selain berbagai tempat wisata yang memang sudah terkenal dan populer bahkan hingga ke mancanegara, Indonesia masih memiliki banyak potensi wisata yang tersembunyi sehingga rasanya tak akan cukup waktu untuk bisa menjelajahi seluruh sisi negeri ini. Tentunya, beragam pengembangan serta inovasi pun terus dilakukan terutama dari sisi penyediaan berbagai fasilitas pendukung seperti transportasi, akomodasi, ataupun lainnya sehingga para wisatawan yang ingin berkunjung pun bisa merasa lebih aman dan nyaman. Bingung mau menghabiskan waktu liburan ke mana? Yuk, keliling Indonesia, surganya wisata yang tak ada habisnya.

Inilah yang Wajib Kamu Tahu tentang Wisata Indonesia

Bila berbicara tentang wisata Indonesia sepertinya tak akan pernah ada habisnya. Beragam keunikan dan keeksotisan tersedia di negeri ini. Alamnya yang sangat mempesona mulai pantai, gunung, air terjun, dan lainnya. Keunikan tradisi dan budaya di masing-masing daerah pun begitu menarik untuk dieksplorasi. Bagi para pecinta kuliner, beragam makanan dan minuman khas Indonesia pun mampu memberikan pengalaman tersendiri dari sebuah aktivitas traveling.

  1. Letak Geografis Wisata Indonesia

Indonesia memiliki keunikan yang mungkin tidak akan dijumpai di negara lainnya terkait dengan letak geografisnya. Negara ini berada di antara dua benua dan dua samudra. Tentunya, letak geografis dengan posisi silang ini cukup berpengaruh terhadap ragam budaya dan suku yang ada di Indonesia. Ini pula yang membuat sejumlah kawasan di Indonesia sangat terpengaruh dengan budaya asing baik dari segi bahasa daerahnya, kesenian yang dimiliki, hingga peradaban yang berkembang di dalamnya. Tak heran bila berkunjung ke kawasan Indonesia timur terasa sangat berbeda dengan apa yang dijumpai dan dirasakan di Indonesia bagian barat. Satu kawasan Indonesia yang terbilang sangat luas ini nyatanya mampu memberikan banyak hal unik dan menarik yang tidak akan bisa dijumpai di negara lainnya.

Dari segi geografis, Indonesia terbagi menjadi tiga wilayah yaitu Indonesia bagian barat, Indonesia bagian tengah, dan Indonesia bagian timur. Masing-masing wilayah tersebut memiliki keunikan serta keragaman baik dari budaya, alam, serta sejumlah destinasinya yang bisa dieksplorasi.

 

  1. Wisata Indonesia Timur

Kawasan Indonesia bagian timur yang terdiri dari Kepulauan Maluku dan Papua mungkin tak sepopuler kawasan lain yang ada di Indonesia. Meski demikian, wilayah timur Indonesia ini memiliki sejumlah keindahan baik alamnya, budayanya, kulinernya, ataupun lainnya yang begitu mempesona dan tak kalah dengan wilayah-wilayah lainnya. Bila sebelumnya, banyak wisatawan terkendala dengan akses transportasi yang masih sangat terbatas untuk menjangkau wilayah wisata Indonesia bagian timur, belakangan hal ini sudah mendapatkan banyak pengembangan. Tentunya, ini akan menjadikan kawasan wisata Indonesia timur pun bisa dijangkau lebih banyak pengunjung. Tertarik untuk menjejahi pesona wisata Indonesia di wilayah timur? Beberapa destinasi wisata berikut ini bisa jadi rekomendasi yang cukup menarik.

Banda Neira

Destinasi wisata yang satu ini berada di Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah. Kawasan ini dulunya merupakan pusat perdagangan pada zaman penjajahan Belanda sehingga tak mengherankan bila di kawasan ini terdapat beberapa sisa reruntuhan seperti Belgica Fortress. Selain itu, kawasan ini juga memiliki beberapa pulau cantik nan eksotik seperti Hatta, Rhon, serta Nailaka dengan pasir putihnya yang mempesona serta memiliki spot diving dan snorkeling terbaik.

Raja Ampat

Banyak yang menyebut bahwa liburan ke Raja Ampat bisa menjadi perjalanan yang paling mahal. Namun demikian, ini snagat sepadan dengan apa yang bisa kamu nikmati selama berada di sana. kawasan ini tak hanya memiliki panorama alam yang begitu indah namun juga memiliki pantai serta taman laut yang begitu luar biasa. Selain itu, kamu juga bisa menikmati beragam kuliner unik dan khas wyang menggugah selera.

  1. Wisata Indonesia Tengah

Kawasan Indonesia bagian tengah terdiri dari Bali, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Di antara ketiga wilayah yang masuk dalam Indonesia bagian tengah, Bali memang menajdi kawasan yang paling populer sejak lama bahkan sudah sangat mendunia. Meski demikian, sebenarnya beberapa wilayah lainnya pun memiliki ragam destinasi wisata yang tak kalah keren dibandingkan Bali. Berikut ini beberapa destinasi wisata Indonesia tengah yang bisa jadi alternatif untuk mengisi liburanmu.

Taman Laut Wakatobi

Obyek wisata ini berada di kawasan Sulawesi Tenggara. Taman laut ini terkenal dengan pesona keindahan serta pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan. Biota laut serta koral yang ada di kawasan ini berjumlah hingga ratusan. Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Laut Wakatobi sekitar bulan April hingga November.

Taman Nasional Komodo

Taman nasional ini berada di kawasan Nusa tenggara Timur (NTT). Bila sebelumnya untuk berkunjung ke NTT terbilang cukup sulit, kini akses menuju ke sana lebih terbuka. Ada sejumlah maskapai penerbangan yang bisa mengantarkanmu dari Jawa menuju ke NTT, terutama untuk tujuan Labuan Bajo. Sebagaimana yang diketahui bahwa Taman Nasional Komodo merupakan salah satu tujuh keajaiban dunia yang terkenal karena menajdi habitat komoda yang merupakan salah satu hewan purba yang masih ada hingga sekarang. Selain mengenal lebih dekat komodo serta habitatnya, kawasan taman nasional ini juga memiliki keindahan alam baik pantai ataupun pemandangan bawah lautnya, tradisi serta peradaban masyarakat lokalnya, dan lainnya.

Pantai Gili Trawangan

Destinasi wisata di wilayah Indonesia tengah yang juga tak kalah keren adalah Pantai Gili Trawangan yang ada di Nusa Tenggara Barat.  Bukan hanya keindahan pantainya yang mempesona, kawasan wisata ini juga menawarkan pesona bawah lautnya yang begitu menakjubkan. Ada beragam terumbu karang serta ikan berwarna-warni yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta diving ataupun snorkeling. Selain itu, kawasan wisata ini sudah memiliki fasilitas pendukung yang sangat lengkap sehingga liburan pun terasa lebih seru dan nyaman.

  1. Wisata Indonesia Barat

Kawasan Indonesia bagian barat memang jauh lebih dulu terekspos dibandingkan lainnya. beberapa wilayah yang masuk dalam wilayah ini antara lain Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Sebagaimana wisata yang ada di Indonesia timur dan tengah, kawasan barat Indonesia ini juga memiliki segudang destinasi wisata yang bisa jadi pilihan untuk berlibur.

Bukit Kelam

Mungkin belum banyak yang mendengar tentang bukit yang ada di Kalimantan Barat ini. Bukit ini memiliki banyak kisah misteri. Meski demikian, kawasan ini ternyata menajdi salah satu ikon wisata kota Sintang, Kalimantan Barat yang membuat para pelancong pun tertarik untuk mengunjungi dan naik ke puncak bukit tersebut. melakukan pendakian ke Bukit Kelam ternyata cukup menyenangkan karena selama perjalanan kamu bisa mendapatkan suguhan pemandangan hijau yang menyejukkan mata. Selain itu, di kaki bukit juga terdapat air terjun yang sangat cantik saat musim hujan.

Museum Tsunami Aceh

Destinasi wisata yang satu menjadi salah satu yang wajib dikunjungi saat berada di Aceh. Museum yang terdiri dari empat laintai ini bisa jadi pengingat tentang kedahsyatan bencana alam gempa bumi dan tsunami yang melanda wilayah Serambi Mekah pada tahun 2004. Tentunya ini bisa memberikan pengalaman tersendiri bagi para pengunjungnya.

Gua Pindul

Ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang ada di kawasan Yogyakarta. Gua yang memiliki panjang kisaran 350 meter ini terdiri dari tiga zona yaitu zona terang, remang, serta gelap. Para wisatawan yang berkunjung ke sana bisa melakukan arung jeram ataupun cavetubing salah satu daya tarik sekaligus keunikan dari gua yang satu ini adalah adanya sebuah ruangan besar dengan lubang menganga di atas sehingga sinar matahari pun bisa masuk dan menciptakan pemandangan yang menakjubkan.

  1. Kota Wisata Populer

Melakukan aktivitas traveling ke berbagai daerah di Indonesia pastinya bisa memberikan pengalaman seru tersendiri yang mungkin tak pernah terlupakan. Kamu bisa mengenal beragam keindahan alam, pesona kearifan lokal, nikmatnya ragam kuliner, dan lainnya. ada beberapa kota wisata populer yang bisa jadi tujuan liburanmu.

  1. Medan

Ibukota provinsi Sumatera Utara ini terus melakukan pengembangan dan pembangunan yang menjadikannya sebagai salah satu kota maju di Indonesia. Kota multietnis ini juga memiliki beragam destinasi wisata yang bisa masuk dalam daftar liburanmu, seperti:

Tertarik dengan kuliner khas Medan? Kamu bisa mencicipi beberapa kuliner asli Sumatera Utara seperti lontong Medan, soto Medan, Mie Gomak, pancake durian Medan, bakso lembu, serta teh susu telur.

  1. Jakarta

Sebagai ibukota negara Indonesia, kota Jakarta memang memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Kota ini memang seringkali identik dengan kemacetan, banjir, ataupun gedung-gedung pencakar langitnya, namun demikian nyatanya kota ini juga memiliki sejumlah obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Apalagi kota ini juga menyediakan akses transportasi yang beragam sehingga akan memudahkanmu untuk berkeliling kota untuk mengeksplorasi kekayaan wisatanya seperti:

Penasaran dengan kuliner tradisional khas Jakarta? Meskipun kota ini telah berkembang menjadi kota terbesar dan tersibuk di Indonesia, nyatanya bukan hal mustahil untuk menemukan beragam kuliner khasnya seperti laksa Betawi, soto Betawi, kue rangi, kerak telor, toge goreng, dan masih banyak lagi.

  1. Bandung

Banyak orang menjadikan kota Bandung ini sebagai destinasi wisata menarik terutama untuk wisata belanja, kuliner, dan alamnya. Ibukota provinsi Jawa Barat ini seringkali menjadi alternatif untuk liburan untuk sejenak menepi dari hiruk pikuk keramaian ibukota. Beberapa tempat wisata yang bisa jadi pilihan untuk destinasi saat berkunjung ke Bandung antara lain:

Puas menikmati traveling di Bandung rasanya tak akan lengkap sebelum mencicipi kuliner khas kota ini. Ada beberapa spot kuliner yang bisa jadi pilihan menarik untuk dikunjungi saat berada di Bandung seperti The Valley ataupun Kampung Daun. Selain itu, kamu juga bisa menemukan banyak pedagang kaki lima ataupun warung makan pinggir jalan yang menyediakan berbagai kuliner khas Bandung dengan harga yang ramah kantong.

  1. Yogyakarta

Pesona Yogyakarta sepertinya sudah tak diragukan lagi. Kota yang lebih dikenal dengan sebutan Jogja ini memiliki banyak hal terkait wisatanya. Sejumlah destinasi wisata yang unik dan menarik pun bisa dinikmati selama berkunjung ke sana, seperti:

Tak hanya destinasi wisata yang bisa dikunjungi, Jogja juga memiliki beragam kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan seperti bakmi Jawa, sate klathak, kopi jos, oseng mercon, bakpia, sego kucing, serta jadah tempe. Salah satu spot menarik untuk menemukan berbagai kuliner asli Jogja adalah kawasan Jalan Malioboro.

  1. Surabaya

kota yang dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan ini menyimpan banyak destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Meskipun kota ini menjadi kota terbesar setelah Jakarta yang terkenal dengan kemacetan serta gedung-gedung menjulang tinggi, nyatanya kota ni juga memiliki beragam obyek wisata yang bisa jadi alternatif liburan serumu, seperti:

Selain beragam destinasi wisata di atas, sebenarnya ada banyak obyek wisata lain yang bisa dikunjungi saat berada di kota Surabaya. Kamu juga bisa menemukan beragam kuliner khas kota ini yang tak hanya lezat tetapi juga ramah kantong seperti rawon, rujak cingur, tahu telur, lontong kupang, sate klopo, lontong balap, dan lainnya. menemukan kuliner khas Surabaya pun tak sulit karena tersedia mulai di kalangan pedagang kaki lima hingga restoran mewah sekalipun.

  1. Denpasar

Siapa yang tak kenal dengan pesona ibukota provinsi Bali ini. Ya, Denpasar memang sudah sangat populer di kalangan para pelancong baik domestik ataupun mancanegara. Sebenarnya, kebanyakan obyek wisata yang ada di Bali berada di luar kota Denpasar. Meski demikian, saat kamu singgah ke Denpasar, kamu juga bisa menemukan berbagai destinasi wisata yang cukup menarik, antara lain:

Tak hanya bisa jalan-jalan ke berbagai tempat wisata saja, di Denpasar kamu juga bisa menemukan beragam kuliner khas yang rasanya tak hanya nikmat tetapi juga unik seperti sate lilit, tipat blayag, rujak kuah pindang dan bulung, nasi jinggo, ayam betutu, nasi campur ayam Bali, dan lainnya.

  1. Makassar

Salah satu kota di kawasan wilayah Indonesia tengah yang menarik untuk dikunjungi saat liburan adalah Makassar yang merupakan ibukota provinsi Sulawesi Selatan. Kota yang tekenal dengan keindahan Pantai Losarinya ini memiliki beberapa destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan, antara lain:

Saat singgah ke Makassar, kamu sebaiknya juga tak melewatkan untuk berburu berbagai kuliner khasnya yang begitu unik dan menggugah selera seperti coto Makassar yang begitu fenomenal hingga ke berbagai daerah, pisang epe, konro bakar, es palu butung, barongko, sop saudara, dan pallubasa.

  1. Fasilitas Transportasi untuk Akses Wisata Indonesia

Salah satu faktor pendukung sektor wisata yang cukup penting adalah adanya fasilitas transportasi yang memadai. Apalagi sebagian besar obyek wisata yang ada di Indonesia tersebar di berbagai wilayah mulai perkotaan hingga pedalaman. Tentunya, untuk memudahkan para wisatawan yang ingin berkunjung sangat dibutuhkan sarana transportasi yang nyaman dan aman. Sebenarnya di Indonesia sendiri sudah tersedia berbagai fasilitas transportasi sebagai penunjang kelancaran akses untuk berwisata baik transportasi udara, laut, dan darat.

  1. Transportasi udara

Fasilitas transportasi udara yang ada di Indonesia mencakup penerbangan domestik dan internasional. Sarana transportasi untuk layanan udara ini mengalami banyak pengembangan bukan hanya dari segi penambahan jumlah pesawat ataupun maskapai tetapi juga dengan membangun sejumlah bandar udara di berbagai wilayah. Hal ini semakin memudahkan bagi para wisatawan untuk mengunjungi kawasan tertentu. Selain itu, para calon penumpang pesawat pun mendapatkan kemudahan dalam melakukan pemesanan tiket untuk bepergian karena saat ini banyak situs ataupun aplikasi pemesanan tiket pesawat online.

  1. Transportasi laut

Selain udara, fasilitas transportasi yang tersedia sebagai akses untuk menuju ke sejumlah wilayah wisata Indonesia adalah melalui jalur laut yang mencakup kapal laut, kapal feri, kapal pesiar, hingga berbagai alat transportasi laut sederhana seperti perahu nelayan, perahu cadik, ataupun lainnya. saana transportasi laut seringkali jadi pilihan para pelancong untuk menuju ke sjeumlah wilayah yang belum mendapatkan kases udara ataupun ingin lebih berhemat meskipun tentu perjalanan yang ditempuh melalui jalur laut tentunya lebih lama dibandingkan ketika menggunakan pesawat.

  1. Transportasi darat

Sarana transportasi darat seringkali dijadikan pilihan paling populer untuk menuju ke tempat wisata. Fasilitas transportasi darat yang bisa digunakan pun semakin beragam seperti sepeda motor, mobil, kereta api, bus, taksi, angkutan kota, becak, cidomo, dokar, dan lainnya.

Tentunya yang membutuhkan pengembangan tak hanya tersedianya fasilitas transportasi dari segi armadanya saja melainkan juga infrastruktur yang mendukungnya. Inilah mengapa belakangan ini juga semakin banyak pembangunan jalan ataupun fasilitas pendukung lain yang bisa lebih memudahkan akses untuk menuju berbagai destinasi wisata yang ada di Indonesia.

  1. Pahami Apa Saja Hari Libur Nasional di Indonesia

Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki cukup banyak hari libur nasional liburan ketika hari libur nasional ternyata memberikan pengalaman dan keseruan tersendiri. Bagaimana tidak, karena seringkali pada momen libur tersebut terdapat berbagai atraksi wisata yang tak akan dijumpai di hari-hari lainnya. berikut ini adalah beberapa hari libur nasional di Indonesia yang bisa jadi pilihan menarik untuk menikmati liburan:

Hari Raya Nyepi

Seringkali para wisawatan menghindari untuk melakukan liburan ke Bali pada saat hari raya Nyepi karena merasa di hari tersebut sebagian besar jalanan kosong bahkan beragam aktivitas pun dilarang untuk dilakukan di kawasan perayaan Nyepi. Nyatanya, momen ini bisa memberikan daya tarik tersendiri. Berbagai atraksi serta tradisi perayaan yang sangat kental dengan kebudayaan warisan leluhur bisa dinikmati sebelum ataupun sesudah perayaan Nyepi berlangsung seperti adanya rangkaian acara Melasti dan arak-arakan ogoh-ogoh yang dilaksanakan sebelum upacara Pacaruan. Sedangkan setelah perayaan Nyepi berlangsung, pengunjung bisa menikmati sajian tradisi Omed-omedan atau tradisi ciuman masal yang mungkin tak ada di kawasan wisata lainnya.

Tahun Baru Hijriyah

Selain hari raya Nyepi, ada hari libura nasional lainnya yang menawarkan keseruan tersendiri yaitu Tahun Baru Hijriyah atau tahun baru Islam. Beragam tradisi unik seringkali digelar untuk merayakan pergantian tahun tersebut. Misalnya, ktradisi Grebeg Suro yang digelar di Jogja, kirab Kebo Bule di Keraton Surakarta, tradisi upacara Tabot di Bengkulu, serta tradisi Ledug Suro di daerah Magetan. Tentunya, berbagai kegiatan yang kental dengan budaya dan tradisi itu sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Selain kedua hari libur nasional tersebut, sebenarnya ada banyak hari libur lainnya yang bisa jadi pilihan menarik untuk mengisi liburan. Beragam atraksi serta acara yang berkaitan dengan tradisi, budaya, seni, ataupun hal-hal yang berbau kepariwisataan bisa dinikmati.

  1. Menjelajah Kekayaan Kuliner Indonesia

Menjelajahi Indonesia rasanya tak akan sempurna tanpa menikmati kelezatan ragam kulinernya. Bahkan, ada sejumlah makanan khas Indonesia yang kini sudah mendunia karena memiliki citarasa yang unik serta lezat. Salah satu kekhasan makanan khas dari Indonesia adalah kekayaan rempahnya yang ternyata cukup disukai oleh berbagai negara lainnya. Inilah beberapa kuliner khas Indonesia yang sudah sangat terkenal hingga mancanegara tentunya sayang untuk dilewatkan begitu saja.

  1. Sop Buntut

Hidangan makanan yang terbuat dari potongan ekor atau buntut sapi ini melalui proses pengolahan yang cukup panjang sehingga menghadirkan citarasa yang lezat dan menggugah selera. Makanan khas Indonesia ini banyak dijumpai di kawasan Jawa Barat meskipun saat ini juga tersedia di berbagai daerah lainnya.

  1. Gudeg

Jalan-jalan ke Yogyakarta rasanya tak akan lengkap bila belum menikmati hidangan kuliner khasnya yang sudah sangat melegenda yaitu gudeg. Hidangan khas ini membutuhkan proses memasak yang cukup lama. Namun demikian, hal ini sangat sepadan dengan hasilnya yang nikmat dan lezat. Makanan asli Jogja ini cenderung memiliki rasa manis yang memang sangat identik dengan kuliner dari Jogja. Saat ini, untuk menikmati gudeg pun tak harus jauh-jauh ke Yogyakarta karena juga tersedia gudeg dalam kemasan kaleng. Meski demikian, pastinya belum afdhol bila tak menikmati kuliner khas Indonesia ini di daerah asalnya bukan?

  1. Gado-Gado

Indonesia memiliki beragam sajian salad sayur seperti pecel, rujak, ketoprak, lotek, serta gado-gado. Meski sama-sama menggunakan bumbu kacang dalam penyajiannya, nyatanya masing-masing memiliki kekhasannya tersendiri. Salah satunya adalah gado-gado yang biasanya terdiri dari kubis, wortel, pare, kentang, tomat, kacang panjang, mentimun, tempe, dan tahu yang disiram dengan bumbu kacang lembut dan kental. Sebagai penyempurna, kuliner khas Indonesia ini disajikan dengan kerupuk serta emping yang membuat hidangan ini semakin nikmat.

  1. Rendang

Kuliner asli Sumatera Barata yang berbahan dasar daging sapi ini ternyata sudah sangat mendunia. Bahkan, makanan ini masuk sebagai salah satu daftar makanan terenak di dunia. Sungguh menakjubkan bukan? Menemukan sajian rendang sapi bukan hal yang sulit untuk dilakukan karena hampir semua warung serta rumah masakan Padang menyajikan menu hidangan yang satu ini. Namun demikian, buat kamu pecinta kuliner, tak ada salahnya mencoba mencicipi rendang sapi tersebut di daerah asalnya untuk menemukan otentisitas dari sajian olahan daging sapi tersebut.

  1. Sate

Menemukan sajian olahan daging sapi ataupun ayam mungkin bukan hal yang sulit dilakukan. Namun demikian, kebanyakan diolah menjadi sajian semacam steak. Hal ini berbeda dengan yang disajikan kuliner khas Indonesia yang dikenal dengan sebutan sate. Daging sapi, ayam, kambing, ataupun lainnya dipotong kecil-kecil kemudian ditata dalam tusukan kemudian dipanggang di atas bara api. Selain bentuknya yang khas, sajian makanan ini semakin terasa unik dan khas Indonesia dari bumbu yang digunakan. Olahan sate sendiri di Indonesia cukup beragam mulai dari sate Padang, sate Madura, sate lilit, sate klopo, dan lainnya yang tentu memiliki kekhasan masing-masing.

  1. Nasi Goreng

Sebenarnya hampir di tiap negara ada sajian menu nasi goreng yang bisa dijumpai. Hanya saja, nasi goreng Indonesia menggunakan bumbu lengkap serta ditambahkan dengan beragam bahan makanan lainnya seperti seafood, daging ayam, telur, dan lainnya sehingga menghasilkan citarasa yang enak dan lezat. Hal ini pula yang menjadikan sajian makanan khas Indonesia yang satu ini sebagai salah satu makanan terenak di dunia.

Beberapa kuliner khas di atas hanyalah sebagian kecil saja dari kekayaan kuliner yang ada di Indonesia. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki sajian kuliner khas yang bisa dicicipi. Bahkan, tak sedikit kuliner Indonesia memiliki filosofi serta nilai tradisi tersendiri yang tentunya memberikan pengalaman baru saat menikmatinya. Inilah mengapa saat melakukan aktivitas traveling, jangan lupa untuk mencoba mencicipi beragam kuliner khas daerah setempat.

  1. Ragam Oleh-Oleh Khas Indonesia

Saat traveling rasanya belum lengkap ketika tidak belanja beragam oleh-oleh dari daerah yang dikunjungi baik berupa berbagai produk tradisional, camilan, ataupun lainnya. Indonesia sangat kaya dengan kearifan lokal dan kebudayaannya sehingga tak heran bila banyak hal yang unik dan menarik pun bisa dijadikan oleh-oleh saat liburan. Ingin belanja oleh-oleh untuk buah tangan saat keliling Indonesia? Beberapa produk berikut ini bisa jadi referensi menarik sebagai pilihan.

Kerajinan Tangan

Kerajinan menjadi salah satu jenis oleh-oleh yang cukup populer di kalangan para wisatawan saat berlibur ke suatu daerah. Jenis kerajinan tangan yang dijadikan sebagai oleh-oleh sendiri sangatlah beragam baik dari bahan yang digunakan serta kreasi bentuk dan model yang dihasilkan. Beberapa contoh kerajinan tangan yang seringkali dipilih untuk buah tangan adalah patung kayu, perhiasan perak, tas anyaman, dan lainnya.

Kain Tradisional

Produk lain yang juga tak kalah populer sebagai oleh-oleh baik di kalangan wisatawan lokal maupun intrenasional adalah kain tradisional dari daerah yang dikunjungi. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki cukup banyak variasi kain-kain tradisionalnya. Bukan hanya batik saja melainkan juga jenis kain lainnya seperti tenun, songket, ataupun lainnya. Selain berbentuk kain, sebagian orang tertarik untuk belanja berbagai produk dengan bahan kain tersebut seperti atasan, celana, selendang, ataupun lainnya yang tentu harganya pun sangat bervariatif.

Aksesoris Unik Nusantara

Selain produk-produk kerajinan tangan ataupun kain tradisional, barang lain yang seringkali juga menjadi pilihan sebagai buah tangan saat berlibur ke suatu daerah di Indonesia adalah beragam aksesoris khas nusantara seperti anting, gelang, tas, sandal, ataupun lainnya. Kebanyakan aksesoris unik khas nusantara dibuat dari berbagai bahan yang tak biasa seperti kulit kerang, manik-manik, akar tumbuhan, kayu, dan lainnya  yang tak hanya membuat aksesoris tersebut terlihat unik tetapi juga eksotis.

Camilan Khas Indonesia

Makanan ringan atau camilan juga menajdi salah satu oleh-oleh yang sangat populer di kalangan wisatawan. Hal ini memang cukup masuk akal mengingat camilan dan makanan khas Indonesia yang memiliki citarasa khas serta beragam mulai asin, pedas, ataupun manis. Bentuk camilan yang bisa dijadikan oleh-oleh pun snagat bervariasi seperti dodol, kripik, kacang-kacangan, kue kering, krupuk, bahkan ada beragam sambal yang kahs dari masing-masing daerah.

Kopi

Satu lagi oleh-oleh yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke sejumlah wilayah yang ada di Indonesia. Ini adalah kopi. Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, tak heran bila banyak wilayah Indonesia yang memiliki komoditi kopi sehingga cukup menarik pula untuk dijadikan oleh-oleh. Jenis kopi yang tersedia pun snagat beragam mulai dari kopi Gayo Aceh, kopi Jawa, kopi Wamena, kopi luwak, kopi Toraja, dan lainnya yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Sangat cocok buat kamu yang mengaku penggemar kopi.

  1. Mengenal Budaya Indonesia

Salah satu potensi wisata yang ada di Indonesia adalah kebudayaan daerahnya yang sangat beragam dan luar biasa. Budaya Indonesia yang cukup bervariasi menjadikan wisata Indonesia memiliki keunikan tersendiri yang mana ini juga bisa menajdi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke berbagai daerah yang ada di negara ini. Tentunya, kebudayaan yang menjadi salah satu warisan leluhur tersbut patut dilestarikan dan dijaga dengan cara yang tepat sehingga menaikkan potensi wisata Indonesia yang bernilai jual tinggi di mata wisatawan local maupun mancanegara.

Bentangan wilayah Indonesia mulai ujung barat hingga timur tentunya melahirkan beragam kekayaan budaya serta kearifan lokal yang bisa menjadi daya pikat bagi para wisatawan untuk berkunjung. Bahkan, saat ini semakin banyak wisatawan yang tertarik terhadap wisata budaya yang ada di Indonesia. Melalui wisata budaya tersebut, para wisatawan bisa mengenal lebih dekat dan mendalam tentang keragam suku, kesenian, kearifan lokal, tradisi, ataupun hal lain yang pastinya mampu memberikan pengalaman dan kesan tersendiri.

Ada beragam destinasi wisata budaya yang bisa dikunjungi sebagai pilihan destinasi liburanmu, seperti:

Mengunjungi berbagai daerah yang memiliki berbagai destinasi wisata budaya bisa menjadikan perjalanan keliling nusantara menjadi lebih kaya dengan ilosofi dan nilai. Tentunya, hal ini juga bisa membuatmu semakin tertarik untuk menjaga dan melestarikan berbagai budaya dan kearifan lokal yang ada.

Indonesia yang terbentang dari ujung timur hingga barat dengan beragam keunikannya nyatanya memiliki kekayaan potensi wisata mulai dari wisata alamnya, wisata sejarah, wisata religi, wisata budaya, bahkan wisata kulinernya yang tentunya bisa jadi daya tarik tersendiri. Tertarik untuk menjelajahi keindahan wisata yang ada di bumi pertiwi, kamu bisa mulai mengatur rencana perjalananmu bersama Vita Transport. Vita Transport merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa rental mobil lengkap dengan sopirnya serta menyediakan beragam paket wisata khususnya untuk wilayah Malang, Surabaya, dan Bromo.

Topics: Uncategorized | No Comments »

Comments