Surabaya, Kota Pahlawan dengan Ragam Destinasi Wisatanya

By Vita Transport | March 29, 2020

Siapa yang tak kenal dengan ibukota provinsi Jawa Timur ini. Kota Surabaya memang sangat populer baik di kalangan pebisnis ataupun pelancong. Ibukota provinsi ini semakin berkembang besar dengan dukungan beberapa kota satelit di sekitarnya sehingga tak heran kota ini pun menjadi kota terbesar yang ada di Jawa Timur dan menduduki peringkat kedua setelah Jakarta. Kota metropolitan ini mengalami beragam perkembangan dan pembangunan di berbagai aspek.

Kota Surabaya juga dikenal dengan julukan sebagai Kota Pahlawan. Tentu saja julukan ini bukan tanpa alasan. Pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, pemuda-pemuda Surabaya berjuang hebat dengan segenap kemampuannya baik di daratan ataupun di lautan. Simbol kota Surabaya berupa ikan Hiu dan Buaya menjadi lambang perjuangan keras masyarakat Surabaya di masa itu.

Kota ini mayoritas dihuni oleh masyarakat suku Jawa namun memiliki karakter yang sedikit berbeda dibandingkan suku Jawa di kawasan selatan dan barat. Masyarakat Jawa yang ada di kota ini cenderung memiliki karakter lebih keras dan tanpa basa-basi. Meski demikian, masyarakat Surabaya juga sangat ramah bagi para pendatang. Selain suku Jawa, di kota metropolitan ini juga dihuni beberapa etnis lainnya seperti Madura, Tionghoa, Arab, dan lainnya karena memang kota ini sejak dulu dikenal sebagai kawasan pusat perdagangan dan bisnis. Keragaman ini pula yang menjadikan kota ini juga memiliki kebudayaan yang bervariasi.

Ragam Destinasi Wisata di Surabaya

Sebagai kawasan pusat bisnis, kota Surabaya dikenal sebagai kota tersibuk setelah Jakarta. Meski demikian, ternyata bukan hanya para pebisnis saja yang berkunjung ke kota tersebut melainkan juga banyak pelancong baik domestik ataupun internasional yang khusus mengunjungi kota ini untuk menikmati ragam destinasi wisata yang ada di sana.

Kota ini memiliki beragam destinasi wisata mulai wisata budaya, wisata alam, wisata religi, wisata belanja, wisata kuliner, ataupun wisata hiburan malamnya yang bisa jadi pilihan menarik untuk menikmati waktu liburanmu. Selain itu, kota ini juga menyediakan berbagai fasilitas pendukung aktivitas traveling baik akomodasi ataupun transportasi sehingga kamu bisa menikmati serunya berlibur ke kota beriklim cenderung panas tersebut.

Kamu memiliki rencana untuk jalan-jalan menyambangi Kota Pahlawan dalam waktu dekat? Kamu bisa mulai mempersiapkan rencana liburanmu mulai sekarang. Salah satunya dengan mencari informasi tentang destinasi wisata yang ada di Surabaya. Apa sajakah itu? Kamu bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Mengenal Ragam Wisata Budaya di Surabaya

Dibandingkan dengan kota yang terkenal dengan wisata budayanya seperti Solo ataupun Jogja, Surabaya memang kurang dipertimbangkan. Namun demikian, ternyata kota berjuluk Kota Pahlawan ini bisa jadi pilihan menarik untuk mengenal budaya lebih dekat. Kota ini tak hanya menawarkan berbagai pusat belanja seperti mall saja melainkan juga beberapa destinasi wisata budaya yang memberi pengalaman berbeda saat menjelajahi sudut-sudut kotanya.

Kota Surabaya merupakan kota dengan multikultural yang mampu berdampingan dengan damai dan harmoni. Bila ingin melihat sisi lain kota metropolitan ini, kamu bisa mengunjungi kawasan kampung Arab yang ada di daerah Ampel, Surabaya Utara. Kawasan ini dikenal sebagai area perdagangan yang didominasi oleh masyarakat keturunan Arab. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat Masjid Agung Sunan Ampel yang menjadi salah satu spot dan tujuan wisata religi. Berada di kawasan ini bisa membuatmu lebih mengenal bagaimana budaya lokal mampu menerima dan berbaur dengan budaya Arab. Selain bisa mengenal budaya masyarakat keturunan Arab, kamu juga sekalian berbelanja oleh-oleh ataupun berburu kuliner Arab.

Selain kampung Arab yang ada di Ampel, Surabaya juga memiliki kawasan yang didominasi oleh masyarakat keturunan Tionghoa atau kampung Pecinan yang ada di daerah Simokerto, tepatnya berada di Jalan Kapasan Dalam, Surabaya. Sejak zaman Kerajaan Singosari, kota Surabaya memang menjadi salah satu tempat persinggahan para pedagang dari beragam negara termasuk pedagang Tiongkok atau China.

Banyak saudagar tersebut memilih untuk menetap di kota tersebut dan berasimilasi dengan masyarakat lokal. Tak heran bila akhirnya muncullah kawasan Pecinan yang sangat kental dengan atmosfer orientalnya. Kamu bisa menjumpai beberapa bangunan klenteng yang menjadi tempat ibadah. Selain itu, kawasan Pecinan di Surabaya tersebut seringkali menggelar festival ataupun event yang menampilkan beragam budaya Tionghoa seperti kungfu, barongsai, dan lainnya saat ada perayaan.

Selain kampung etnis China dan Arab, kamu juga memiliki spot wisata budaya lainnya di Surabaya terutama bagi kamu yang mengaku pecinta batik. Batik merupakan salah satu bentuk warisan budaya yang memang patut dijaga dan dilestarikan. Inilah mengapa kamu perlu untuk singgah ke Rumah Batik Jawa Timur saat berlibur ke Surabaya. Rumah Batik ini memiliki koleksi batik yang berasal dari berbagai daerah dan kabupaten yang ada di Jawa Timur. Masing-0masing batik tersebut memiliki cerita serta kisah tersendiri. Bahkan, ada juga batik yang berisikan untaian doa yang indah. Cukup menarik bukan?

Tempat wisata ini juga dikenal dengan nama Taman Budaya Jawa Timur. Cak Durasim sendiri merupakan seorang pejuang kesenian terutama kesenian ludruk yang digunakan sebagai alat propaganda untuk menentang penjajahan Jepang di masa itu. Keberadaan taman budaya ini menjadi salah satu bentuk penghormatan atas perjuangan yang dilakukan Cak Durasim.

Di taman budaya yang berlokasi di Jalan Genteng Kali tersebut, setiap sore seringkali digelar kegiatan latihan serta pertunjukan tari. Selain itu, taman budaya ini juga dijadikan sebagai tempat promosi sejumlah kreasi seni dan budaya dari berbagai daerah di Jawa Timur mulai pertunjukan seni, pameran, seminar budaya, ataupun lainnya.

Melihat Sisi Lain Surabaya dengan Wisata Alamnya

Ketika berbicara tentang Surabaya, hal yang terbayang mungkin banyaknya gedung-gedung pencakar langit, berbagai pusat perbelanjaan, kemacetan khas ibukota, bahkan teriknya sinar matahari. Tak heran bila sebagian orang pun akhirnya bertanya-tanya apakah ada spot wisata alam yang bisa dinikmati di ibukota provinsi Jawa Timur tersebut.

Ya, Surabaya memang bukanlah kota yang sejuk sebagaimana kota Bogor. Surabaya juga tidak memiliki daerah pantai yang indah seperti kawasan Lombok. Namun demikian, kota ini ternyata juga memiliki beberapa destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi dan tak kalah keren untuk dijelajahi.

Ingin menemukan kawasan yang terasa sejuk dengan banyak pepohonan? Kamu bisa menjadikan kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo Rungkut sebagai salah satu destinasi dalam daftar kunjunganmu. Hutan bakau lebat dengan berbagai satwa khas mangrove menjadikan kawasan ini sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menikmati jalanan setapak yang terbuat dari kayu dan bambu untuk melintasi lebatnya hutan bakau tersebut. selain menyusuri hutan bakau dengan berjalan kaki, pengunjung juga bisa menggunakan perahu untuk berkeliling hutan.

Kawasan hutan mangrove tersebut juga dilengkapi dengan berbagai gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai dan duduk beristirahat sambil menikmati nuansa yang dekat dengan alam. Merasa haus dan lapar setelah menjelajahi hutan bakau? Kamu bisa singgah ke pusat kuliner yang menyediakan beragam menu makanan dan minuman lezat dengan harga ramah kantong.

Cari tempat wisata alam yang Instagrammable? Kamu bisa jadikan hutan bambu Keputih jadi pilihan yang cukup menarik. dulunya, taman ini merupakan tempat pembuangan akhir yang cukup luas hingga akhirnya mendapatkan pembenahan sebagai tambahan lahan hijau di Surabaya sehingga dijadikan sebuah taman. Berada di kawasan hutan bambu ini akan membuatmu merasakan suasana hutan bambu ala Negeri Sakura. Tak heran bila banyak pengunjung menjadikan kawasan ini sebagai spot foto yang unik dan menarik.

Lokasi spot wisata alam ini tak jauh dari kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo. Di kawasan kebun bibit ini terdapat beragam pepohonan hijau yang menjadikan area ini kaya oksigen sehingga terasa sangat menyejukkan di tengah hiruk pikuknya lalu lintas Surabaya. Taman dengan luas sekitar 5,9 hektar tersebut memiliki berbagai spot menarik seperti jogging area, danau buatan, gym area, taman bermain, dan lainnya.

Surabaya juga memiliki pantai meskipun mungkin tak secantik pantai-pantai yang ada di daerah lain. Pantai tersebut adalah Pantai Ria Kenjeran yang bisa jadi pilihan buat kamu yang ingin menikmati keindahan laut. Pantai ini tidak hanya bisa jadi spot untuk menikmati pemandangan laut saja tetapi juga ada beberapa aktivitas seru lain yang bisa dilakukan di sana seperti berkuda, menyaksikan pertunjukan barongsai, naik perahu, dan lainnya. Selain itu, pantai ini juga bisa jadi spot menarik untuk menikmati keindahan pemandangan matahari terbenam. Lokasi pantai ini bisa ditempuh sekitar 20 menit dari pusat kota Surabaya.

Nikmati Perjalanan Spiritual di Beberapa Destinasi Wisata Religi Surabaya

Jalan-jalan tak hanya bisa dinikmaiti dengan mengunjungi beberapa destinasi wisata alam ataupun budaya saja. Kamu juga bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata religi untuk mendapatkan pengalaman spiritual. Di Surabaya sendiri ada beberapa destinasi wisata religi yang bisa kamu kunjungi. Tak hanya seru, menikmati perjalanan ke sejumlah tempat wisata religi juga bisa membantu belajar lebih banyak terutama yang berkaitan dengan spiritualitas dan membuat hati terasa lebih tenang.

Ini merupakan salah satu destinasi wisata religi yang sangat populer di Kota Surabaya terutama bagi umat muslim. Sunan Ampel sendiri merupakan salah satu dari Wali Songo yang menjadi tokoh penting dalam penyebaran agama Islam di Indonesia. Setiap harinya makam tersebut tak pernah sepi dari pengunjung yang ingin berziarah serta berdoa. Lokasi makam Sunan Ampel sendiri berada di kawasan Kampung Arab yang ada di Ampel, tepatnya berada di barat Masjid Agung Sunan Ampel.

Meskipun mayoritas masyarakat Surabaya beragama Islam, kota ini dikenal sebagai salah satu kota multietnis dan multikultural yang memiliki toleransi kuat dan hidup berdampingan. Di kota yang terkenal dengan rujak cingurnya tersebut juga terdapat pura yang digunakan sebagai tempat ibadah bagi umat Hindu yang ada di Surabaya dan sekitarnya. Pura Agung Jagat Karana memiliki nuansa seperti bangunan pura di Bali. Bangunan puranya sendiri begitu megah dan kokoh. Selain itu, terdapat upacara rutin yang diselenggarakan di pura tersebut sehingga membuat para pengunjung bisa merasakan atmosfer spiritual yang begitu kental layaknya di Bali.

Bangunan tempat ibadah bagi umat Hindu ini sudah ada sejak tahun 1968 dan menempati area seluas 7703 meter persegi. Ada berbagai ornamen pura khas Bali yang bisa dijumpai di kawasan pura tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menjumpai patung Dewi Saraswati di bagian depan pura. Kawasan pura itu sendiri terbagi menjadi tiga bagian berbeda yaitu Mandala Utama, Mandala Nista, dan Mandala Madya. Perlu diketahui, untuk menjaga kesakralan tempat ibadah, para pengunjung hanya diizinkan masuk hingga bagian halaman pura saja.

Ingin menyaksikan Buddha Catur Muka yang begitu terkenal di Thailand? Kini, kamu tak perlu jauh-jauh ke sana karena di Surabaya kamu bisa menemukan replikanya. Ya, Patung Buddha Empat Rupa atau Four Faces Buddha ini memang patung replika dari patung Buddha yang ada di Thailand sehingga tak heran bila suasana yang ada di kawasan ini pun membuatmu merasa seolah sedang berada di Thailand. Ini merupakan salah satu destinasi wisata religi Surabaya yang berlokasi di kawasan Pantai Ria Kenjeran. Pantai Kenjeran sendiri menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Surabaya dan terkenal dengan produk perikanannya.

Masih berada di kawasan Pantai Ria Kenjeran, kamu juga bisa menemukan destinasi wisata religi lain yang bisa dikunjungi yaitu Klenteng Sanggar Agung atau yang juga disebut dengan nama Klenteng Hong San Tang. Klenteng tersebut menjadi tempat peribadatan bagi pemeluk Tridharma. Selain menjadi tempat ibadah, klenteng dengan bangunan megah dan bentuk yang keren tersebut juga jadi salah satu destinasi favorit bagi para pelancong yang mampir ke Kenjeran Park. Bahkan, lokasi klenteng tersebut juga termasuk salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan sunset. Tak heran bila kawasan ini seringkali jadi pilihan bagi para fotografer untuk mengabadikan moment istimewa ketika matahari perlahan tenggelam.

Destinasi wisata religi lain yang bisa dikunjungi saat berlibur ke Surabaya adalah Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria yang berlokasi di Jalan Kepanjen sehingga jadi terkenal dengan sebutan Geraja Katolik Kepanjen. Ini merupakan gereja tertua yang ada di Surabaya. Gereja ini memiliki bangunan dengan arsitektur kuno. Tak hanya gaya arsitekturnya saja yang menarik, bangunan gereja Katolik tersebut juga memiliki interior yang menarik. Jadi, saat liburan ke Surabaya sebaiknya tak melewatkan untuk mampir ke bangunan ibadah tersebut.

Spot Wisata Kuliner Surabaya yang Sayang Dilewatkan

Salah satu keseruan yang bisa dinikmati ketika mengunjungi suatu daerah adalah berburu kuliner, terutama sajian makanan khas yang ada di sana. Begitupun dengan Surabaya. Kota ini tak hanya terkenal dengan julukannya sebagai Kota Pahlawan melainkan juga dikenal sebagai kota sejuta kuliner karena memang menawarkan beragam sajian kuliner yang sangat khas mulai dari yang pedas, gurih, dan manis. Inilah mengapa saat kamu berkunjung ke Surabaya sebaiknya tak melewatkan untuk berburu beragam kulinernya yang menggugah selera dan memiliki citarasa yang begitu khas.

Kuliner yang satu ini memang sangat ikonik di Surabaya sehingga rasanya sayang untuk dilewatkan begitu saja. Rujak cingur merupakan kuliner yang memadukan berbagai bahan seperti kacang panjang, lontong, tempe, tahu, taoge, mentimun, mangga muda, kangkung, nanas, cingur, dan dipadukan dengan bumbu kacang yang pastinya menggunakan petis yang begitu khas. Menemukan penjual rujak cingur di Surabaya bukanlah hal yang sulit dilakukan mulai dari penjual kaki lima hingga restoran. Ada beberapa rekomendasi buat kamu yang ingin menikmati sajian kuliner khas Surabaya ini.

Rujak Cingur Delta

Tempat makan ini cukup legendaris di Surabaya karena sudah ada sejak dua dekade yang lalu. Lokasinya berada di Jalan Kayon blok D no 46 Embong Kemiri, Surabaya. Resep rujak cingur yang digunakan sudah turun-temurun. Harga rujak cingur yang ada di tempat makan ini kisaran Rp 30.000. Namun demikian, bila kamu datang dengan keluarga atau teman yang kurang menyukai menu kuliner rujak cingur, ada beberapa pilihan menu lain yang bisa dinikmati seperti lontong cap go meh, nasi campur, ataupun lainnya.

Rujak Cingur Genteng Durasim

Rujak cingur yang satu ini memiliki keunikan tersendiri. Warung makan ini sudah ada sejak tahun 1942 dan saat ini dikelola oleh generasi ketiga. Rujak cingur legendaris ini menjadi salah satu pilihan favorit bagi pecinta kuliner yang satu ini.

Rujak Cingur Ahmad Jais

Rekomendasi lain untuk menikmati sajian kuliner rujak cingur khas Surabaya adalah Rujak Cingur Ahmad Jais. Rujak cingur ini memadukan rasa manis, pedas, asin, dan gurih dalam satu porsi yang nikmat dan menggugah selera. Daging cingurnya pun tersaji dengan lezat, tidak berbau, dan kenyal. Tak heran bila tempat makan yang satu ini selalu laris manis jadi buruan para pecinta rujak cingur.

Kuliner khas lain yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Surabaya adalah Sate Klopo Ondomohen. Klopo sendiri dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai kelapa. Ya, sate ini disebut sebagai sate klopo karena selain menggunakan daging sapi yang dipadukan dengan lemak dan jeroan sapi, sebelum dibakar, sate ini dilumuri dengan parutan kelapa yang membuat sajian menu sate ini berbeda dengan kebanyakan sate lainnya. salah satu tempat yang menyajikan sajian sate klopo yang begitu terkenal di Surabaya adalah Sate Klopo Ondomohen Bu Asih yang berada di Jalan Walikota Mustajab no 36 dan mulai buka jam 6.30 pagi hingga 11.30 malam.

Lontong balap merupakan salah satu sajian kuliner khas dari Surabaya. Kuliner ini terdiri dari lontong, tahu goreng, taoge, lentho, dan disiram dengan kuah segar. Sebagaimana rujak cingur, menemukan penjual lontong balap juga bukan hal yang sulit dilakukan saat ada di Surabaya. Salah satu rekomendasi buat kamu yang ingin menikmati kuliner khas yang satu ini adalah Lontong Balap Garuda Pak Gendut yang berada di depan bekas Bioskop Garuda tepatnya jalan Kranggan no 60, Sawahan, Surabaya. Tempat makan ini sudah berjualan sejak tahun 1956. Harga seporsi lontong balap pun cukup terjangkau dengan rasa yang lezat.

Sajian kuliner khas Surabaya lain yang sayang untuk dilewatkan adalah tahu tek. Banyak sekali penjual tahu tek bisa dijumpai di kota Pahlawan ini, terutama saat malam tiba. Kuliner yang satu ini terdiri dari lontong, tahu goreng, kentang rebus, taoge, dan disiram dengan saus kacang berbumbu petis yang nikmat. Salah satu tempat yang jual tahu tek adalah Tahu Tek Pak Jayen yang ada di Jalan Dharmahusada Indah Raya blok C-2 dan buka sejak jam 6 sore. Untuk menikmati sajian yang satu ini, kamu tak perlu khawatir harus lama menunggu pesanan karena memang proses penyajiannya yang terbilang cepat.

Satu lagi kuliner yang begitu identik dengan kota Surabaya, yaitu rawon. Di kota metropolitan ini ada banyak warung makan yang menyajikan menu hidangan yang satu ini. Salah satunya adalah Rawon Pak Pangat yang menyajikan hidangan rawon namun sangat berbeda dengan lainnya. Rawonnya menggunakan suwiran daging empal yang begitu empuk dan ditambah kuahnya yang terasa segar di lidah. Di warung makan ini tersedia dua jenis rawon yang bisa jadi pilihan yaitu rawon krengsengan dan rawon campur.

Selain Rawon Pak Pangat, kamu juga bisa mencicipi sajian Rawon Setan Mbak Endang yang ada di Jalan Embong Malang, Surabaya. Meski biasanya nama kuliner dengan embel-embel kata setan identik dengan sajian makanan yang super pedas, hal ini tidak menjadi alasan rawon ini dinamakan demikian. Warung rawon ini dikenal sebagai Rawon Setan karena memang dulunya warung ini buka saat malam hari yaitu jam 10 malam hingga dini hari yang memang identik dengan jam-jam keluarnya setan di malam hari. Saat ini, warung makan yang menyediakan menu rawon ini buka sejak pagi.

Kuliner unik dan enak lain yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Surabaya adalah sajian nasi cumi. Sajian kuliner ini terbuat dari cumi yang diolah dengan tintanya yang berwarna hitam. Salah satu tempat makan yang bisa jadi rekomendasi saat ingin bersantap nasi cumi di Surabaya adalah Nasi Cumi Waspada yang ada di Jalan Waspada Pabean, Cantikan, Surabaya, tepatnya berada di belakang Pasar Atom. Meskipun tempat makan ini hanya berupa warung PKL namun nasi cumi yang ditawarkan bakal membuat ketagihan.

Destinasi Wisata Hiburan Malam di Surabaya

Surabaya sebagai kota metropolitan sepertinya tak pernah ada matinya. Tak heran bila kota inipun memiliki sejumlah destinasi wisata malam yang banyak disukai para kawula muda. Buat kamu yang hobi nongkrong di malam hari ataupun ingin sekedar melihat sisi lain kota Surabaya pada malam hari, kamu sebaiknya tak melewatkan untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata hiburan malam yang bisa membuat malammu terasa lebih menyenangkan.

Menikmati ragam wahana permainan di siang hari tentu sudah menjadi hal yang biasa. Namun, saat kamu mengunjungi Suroboyo Carnival Park maka kamu akan menemukan suasana yang berbeda. Taman bermain ini mengusung konsep pasar malam modern yang dikemas begitu menarik. ada berbagai wahana permainan yang bisa kamu coba seperti Prirate Ghost Ship, Ferris Wheel, Blueshake, Pendulum, Bledek Coaster, dan lainnya yang bisa menantang adrenalinmu. Selain itu, di kawasan taman bermain ini juga tersedia sejumlah tempat bermain khusus bagi anak-anak yang seru dan menyenangkan. Bukan hanya itu saja, buat kamu yang hobi berfoto ria, ada banyak spot unik dan menarik yang sangat instagrammable di sana yang sayang untuk dilewatkan.

Jembatan ini menjadi jembatan megah yang menghubungkan kota Surabaya dengan pulau Madura dan membentang di atas lautan. Kemegahan serta keindahan jembatan ini jadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Surabaya yang ingin melihat sisi malam kota ini.

Ini menjadi salah satu destinasi wisata malam terbaru yang ada di Kota Pahlawan. Kamu bisa melihat indahnya pemandangan laut serta jembatan Suramadu dari kejauhan dengan didukung suasana malam di pelabuhan yang romantis. Bukan hanya itu saja, di tempat wisata tersebut juga tersedia pasar kuliner serta ragam atraksi seni dan musik yang pastinya mampu membuat keseruan malam jadi semakin meriah saat berkunjung ke sana.

Bila biasanya pasar malam buka hanya pada musim-musim tertentu, hal ini tidak berlaku untuk Pasar Malam Kodam Brawijaya yang memang buka setiap malam. Pasar malam ini berlokasi di lapangan Kodam Brawijaya dan dibuka untuk umum setiap harinya. Ada berbagai sepeda dan becak hias yang bisa disewa untuk berkeliling sekitar lapangan. Selain itu, di pasar malam tersebut juga menyediakan berbagai produk mulai tas, sepatu, parfum pakaian, ataupun berbagai peralatan rumah tangga. Pasar malam ini juga bisa jadi pilihan menarik untuk mencoba berbagai kuliner khas Surabaya yang nikmat dengan harga terjangkau.

Spot Belanja Murah di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Jalan-jalan tanpa berbelanja rasanya urang afdhol. Tenang saja, saat kamu berkunjung ke Surabaya, ada beberapa spot tempat belanja murah yang wajib dikunjungi sehingga kamu bisa belanja sepuasnya tanpa takut kantong jebol.

Buat kamu yang hobi baca ataupun mengoleksi berbagai buku maka kamu sebaiknya tak melewatkan untuk singgah ke Kampong Ilmoe yang ada di Jalan Semarang, Surabaya. Ini merupakan pusat penjualan berbagai buku bekas yang mungkin sudah tidak tersedia di pasaran lagi. Ada berbagai jenis buku yang bisa kamu jumpai di sana seperti bukau agama, novel, majalah, komik, buku pelajaran, ataupun lainnya. harga buku yang tersedia di sana pun lebih miring dibandingkan harga yang ditawarkan di toko buku biasa. Pastikan kamu pandai-pandai menawar supaya bisa dapat harga yang lebih terjangkau, terutama bila kamu beli dalam jumlah besar.

Pasar ini sebenarnya merupakan pasar tradisional yang menyediakan berbagai sayuran, buah, ataupun daging. Namun, itu merupakan bagian dalam dari pasar yang satu ini. Sedangkan bagian depan pasar, tersedia berbagai toko oleh-oleh khas Surabaya. Tak heran bila kawasan ini pun akhirnya terkenal sebagai salah satu pusat oleh-oleh seperti sambal petis, bandeng asap, otak-otak bandeng, ataupun lainnya. Belanja di sini bisa memberi keuntungan tersendiri karena biasanya beberapa toko memberikan potongan harga untuk pembelian dalam jumlah banyak.

Butuh gadget terbaru? Kamu bisa mengunjungi Hi-Tech Mall yang berada tepat di sebelah Taman Hiburan Rakyat Surabaya. Di mall ini kamu bisa menemukan berbagai produk gadget seperti laptop, HP, PC, aksesoris, dan cuku cadangnya dengan harga yang cukup terjangkau. Produk gadget yang ditawarkan pun beragam baik yang original ataupun rakitan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan tawar-menawar harga saat belanja di mall tersebut. pastikan kamu berkeliling dari tempat yang satu ke tempat lainnya untuk bisa mendapatkan stan yang menawarkan produk yang kamu cari dengan harga yang lebih terjangkau.

Pilihan Fasilitas Transportasi ke Surabaya

Surabaya merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta sehingga tak mengherankan bila fasilitas yang tersedia di kota tersebut juga sudah sangat lengkap. Bila kamu berencana untuk liburan ke Kota Pahlawan, kamu bisa menggunakan beberapa fasilitas transportasi untuk menuju ke sana baik yang berbudget tinggi hingga yang murah sekalipun mulai pesawat, kereta api, bus, kendaraan pribadi, ataupun sewa mobil.

Pesawat

Meski Surabaya sendiri tidak memiliki bandar udara, namun kota Sidoarjo yang merupakan salah satu kota satelitnya memiliki bandara internasional yaitu Bandara Juanda yang melayani penerbangan domestik ataupun internasional. Maskapai penerbangan yang singgah ke bandara tersebut pastinya juga sangat beragam. Jadi, buat kamu yang berada jauh dari kota Surabaya dan ingin mengunjungi kota tersebut maka menggunakan pesawat bisa jadi pilihan yang cukup praktis.

Kereta Api

Surabaya memiliki dua stasiun besar yaitu Stasiun Gubeng dan Stasiun pasar Turi. Kereta api yang menuju ke Surabaya pun sangat beragam mulai dari kelas ekonomi hingga yang eksekutif sekalipun. Kereta-kereta tersebut menghubungkan kota Surabaya dengan sejumlah kota lainnya baik menuju ke wilayah barat ataupun wilayah timur Pulau Jawa.

Bus

Bisa dibilang ini fasilitas transportasi yang cukup murah. Hampir seluruh kota yang ada di pulau Jawa memiliki armada bus dengan akses menuju ke Surabaya. Untuk bus jurusan Jakarta-Surabaya, semuanya merupakan bus eksekutif sehingga fasilitasnya pun sangat nyaman dengan harga tiket yang cukup terjangkau. Sedangkan, untuk jurusan lokal merupakan bus ekonomi baik yang PATAS ataupun tidak.

Kapal PELNI

Jalur laut juga bisa jadi alternatif untuk menuju ke ibukota provinsi Jawa Timur tersebut. Kapal PELNI merupakan moda transportasi laut yang bisa digunakan untuk mengakses kota tersebut baik dari bagian timur ataupun barat. Harga tiket kapal ini tentu tergantung dari mana, dewasa atau anak-anak, kelas yang digunakan, dan lainnya.

Kendaraan Pribadi

Menuju Surabaya juga bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi baik mobil ataupun motor terutama buat yang berlokasi tidak terlalu jauh dari kota tersebut. Tentunya, ini bisa jadi pilihan yang cukup praktis karena selama liburan di kota Pahlawan, kamu tidak akan repot untuk memilih transportasi apa yang akan digunakan menjelajah penjuru kota. Namun demikian, bila kamu merasa mengemudikan kendaraan pribadi cukup melelahkan, kamu bisa gunakan fasilitas transportasi lainnya.

Sewa Mobil

Ingin liburan ke Surabaya sendiri ataupun bersama keluarga? Kamu juga bisa memilih untuk menyewa mobil. Saat ini ada banyak rental mobil dengan harga terjangkau namun memiliki fasilitas yang memuaskan. Salah satu keuntungan menggunakan jasa rental mobil saat liburan adalah kamu bisa lebih menikmati perjalanan karena kamu tak harus pusing memikirkan rute perjalanan, capek mengemudi, ataupun lainnya. Namun demikian, pastikan untuk memilih jasa rental mobil profesional dan terpercaya sehingga perjalanan liburanmu pun terasa semakin seru dan menyenangkan.

Menjelajahi kota Surabaya ternyata sangat menarik. Kamu bisa menemukan berbagai destinasi wisata yang mungkin selama ini jarang kamu dengar mulai dari wisata alamnya, budayanya, religinya, kulinernya, ataupun lainnya. Surabaya memang menjadi salah satu kota metropolitan yang khas dengan ragam gedung-gedung menjulang tinggi, kemacetan, ataupun lainnya. Meski demikian, kota ini juga cukup menarik jadi pilihan untuk mengisi liburan karena memiliki sejumlah spot wisata yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Apalagi kota ini juga menawarkan fasilitas akomodasi serta transportasi yang sangat lengkap sehingga semakin memudahkanmu untuk menikmati liburan.

Tertarik untuk jalan-jalan ke Kota Pahlawan bersama keluarga ataupun teman-teman kerja? Kamu bisa gunakan jasa rental mobil Vita Transport. Kamu bisa memilih jenis kendaraan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan, lengkap dengan sopirnya. Selain itu, bila kamu ingin menikmati liburan tanpa harus pusing mengatur jadwal serta tujuan wisata yang ingin dikunjungi, kamu juga bisa mengambil paket wisata di Malang, Bromo, Batu, ataupun Surabaya. Vita Transport tak hanya menyediakan layanan jasa rental mobil lengkap dengan sopirnya tetapi juga pilihan paket wisata yang seru dengan harga menarik.

Topics: Uncategorized | No Comments »

Comments