12 Kuliner Unik di Surabaya yang Sebaiknya Dicicipi Agar Tidak Menyesal

By Vita Transport | March 29, 2020

Bagi kamu yang doyan wisata kuliner, maka jangan lupa menyambangi tempat-tempat yang menyajikan kuliner unik di Surabaya. Kota Pahlawan alias Surabaya selain dikenal akan penataan kotanya yang bersih juga menawarkan banyak tempat wisata. Menariknya lagi disini juga tersedia banyak pilihan tempat untuk memanjakan lidah, beberapa bahkan menyajikan menu super unik.

Ragam Kuliner Unik di Surabaya

Surabaya menyimpan pesona kuliner yang sangat menarik untuk dijelajahi ketika berkunjung kesini. Terdapat banyak kuliner khas, dan sebagian diantaranya terbilang sebagai sajian yang unik. Artinya menu tersebut tidak dijumpai di kota lain sekaligus memiliki keunikan atau ciri khas. Mulai dari nama yang unik, bahan dasar, sampai proses pengolahannya.

Merasa tertarik untuk mencicipi semua kuliner unik di Surabaya tersebut? Maka untuk membantu mewujudkannya bisa membaca beberapa rekomendasi kuliner unik berikut ini:

  1. Lontong Balap

Kuliner unik pertama yang sangat terkenal di Surabaya dan tentunya wajib kamu coba adalah lontong balap. Kuliner bernama lontong balap ini memang menjadi kuliner khas asli Surabaya dan banyak tempat makan menyediakannya. Sesuai dengan namanya, kuliner satu ini mempergunakan lontong yang diris-iris di atas piring.

Potongan lontong tersebut kemudian dipadukan dengan tahu goreng, tauge, lentho, kecap, dan taburan bawang goreng. Point yang menjadikannya unik terletak dari kuah berwarna bening gurih dan manis dari kecap. Kuah ini terasa sedap disantap bersama dengan lontong dan campuran bahan lainnya.

Sajian ini akan terasa semakin nikmat jika disantap bersama sate kerang dan segelas es kelapa muda. Sebagai kuliner unik dan andalan di Surabaya maka banyak tempat makan menjajakannya. Paling terkenal adalah di Lontong Balap Garuda Pak Gendut, yang terletak di Jl. Kranggan No. 60 Sawahan, Surabaya.

  1. Rawon Setan

Sajian rawon sebaiknya juga tidak dilewatkan untuk disantap ketika tengah berada di kota Surabaya. Salah satu kuliner unik di Surabaya dari jenis rawon ini adalah rwon setan yang bisa dijumpai di Jl. Embong Malang, Surabaya. Nantinya akan menjumpai tempat makan bernama Rawon Setan Mbak Endang yang dikenal sebagai pelopor menu rawon setan di Surabaya.

Nama menunya sendiri diambil dari nama tempat makannya, yakni dari jam operasionalnya. Dikatakan rawon setan karena tempat makan yang dimiliki oleh Mbak Endang ini hanya buka di malam hari. Namun sebagai salah satu pencetus menu rawon di Surabaya maka pelanggannya sangat banyak, sehingga meski buka hanya malam dijamin penuh pelanggan.

Bagi kamu yang ingin mencicipi kuliner rawon setan dengan potongan daging sapi berukuran besar ini. Bisa mampir ke alamatnya yang sudah disebutkan, dijamin tidak sulit menemukannya karena termasuk jalan utama. Pamor tempat makannya yang melegenda membuatnya selalu ramai dan membuat sajiannya punya keunikan dari rawon di tempat lain.

  1. Pecel Rawon

Masih berkutat dengan menu rawon, yang ternyata Surabaya tidak hanya menawarkan rawon setan. Namun ada juga menu unik bernama nasi pecel rawon yang sangat populer dan membuatnya wajib dijajal oleh siapa saja. sesuai dengan namanya , kuliner yang terbilang unik ini merupakan nasi pecel yang disiram dengan kuah rawon.

Seperti kebanyakan nasi pecel lainnya, terdapat nasi yang ditutup sayuran rebus dan disiram dengan saus kacang. Terakhir penjajanya akan menyiramnya dengan kuah rawon yang berwarna khas hitam. Rupanya perpaduan ini menciptakan sensasi rasa yang memanjakan lidah, sebab bumbu pecel berpadu dengan kuah rawon yang kaya rempah.

Bagaimana, tergiur untuk menjajal menu unik khas Surabaya ini? Jika tertarik maka bisa mencobanya di Warung Pojok Moro Seneng. Lokasi rumah makan ini ada di Jl. Pucang Anom No. 17, Surabaya. Terbilang strategis sehingga mudah dijangkau oleh siapa saja termasuk kamu yang baru pertama kali menginjakan kaki di kota pahlawan ini.

  1. Rawon Kalkulator

Masih membahas kuliner unik di Surabaya jenis rawon yang sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja. kali ini membahas mengenai rawon kalkulator yang juga sangat populer di kalangan masyarakat Surabaya maupun wisatawan. Sebenarnya dilihat dari segi penampilan menu rawon satu ini tidak berbeda jauh dengan rawon pada umumnya.

Hanya saja perpaduan bumbu dan rempah rahasia dari peraciknya membuat rawon kalkulator sukses memanjakan penikmatnya. Bahkan ada yang selalu mampir untuk menikmatinya lagi dan lagi. Kamu bisa menikmati rawon kalkulator di Food Court Taman Bungkul yang terletak di Jl. Taman Bungkul.

Ciri khas rawon disini tidak hanya enak namun juga dari kepiawaian pelayan di tempat makannya yang bisa  berhitung dengan cepat. Melalui ciri khas inilah nama rawon kalkulator diberikan dan masih dipakai sampai sekarang.

  1. Mie Pecun

Suka makanan yang pedas? Maka bisa menikmati wisata kuliner unik dengan menyantap menu bernama Mie Pecun. Kata “pecun” disini bukanlah mengandung konotasi negatif melainkan kependekan dari “pedas bebas beracun”. Sesuai dengan namanya, kuliner unik ini menggunakan bahan utama berupa mie kopyok yang diberi bumbu pedas.

Salah satu kuliner unik di Surabaya ini bisa disantap di Kedai Mie Pecun di Jl. Anjasmoro, Sawahan, Surabaya. Sajian mie ini dimulai dengan menumis mie kopyok yang kemudian dicampur dengan irisan telur, kornet, udang, dan diberi kuah berwarna kemerahan. Melalui kedai ini, menu mie pecun juga ditawarkan dalam beberapa tingkat kepedasan.

Bagi kamu yang tahan menyantap makanan super pedas maka bisa menjajal tingkat pedas di level 10. Namun jika masih pemula atau memang tidak terlalu nyaman menyantap sajian pedas bisa memesan level 1-3.

  1. Nasi Goreng Jancuk

Tak semua kuliner unik dan khas yang disediakan kota pahlawan berasal dari pedagang kami lima. Hal ini terbukti dari kepopuleran menu unik bernama nasi goreng  jancuk yang justru pertama kali disediakan oleh hotel bintang lima. Siapa sangka menu ini kemudian disajikan oleh banyakt tempat makan, mulai dari restoran mewah, café, sampai pedagang tenda tepi jalan.

Menu nasi goreng ini spesial sehingga berbeda dengan menu nasi goreng pada umumnya. Sebab menu ini dibuat dengan mempergunakan banyak cabai sehingga sensasi pedasnya sangat terasa. Pembuatannya juga menambahkan irisan daging, udang, daging kepiting, telur, dan juga sambal terasi yang membuat cita rasanya semakin khas. Ditambah lagi porsinya yang super besar sehingga bisa disantap oleh beberapa orang.

Apabila tertarik menyantap kuliner unik ini maka ada beberapa tempat terbaik yang bisa direkomendasikan. Salah satunya di Hotel Jancuk yang memperlopori kuliner super unik ini. alamatnya ada di WTC Surabaya Jl. Plaza Boulevard No. 33-35 Embong Kaliasan, Genteng, Surabaya. Bisa juga di Surabaya Plaza Hotel di Jl. Pemuda No. 31-37 Surabaya.

  1. Sate Klopo

Jika berkunjung ke Surabaya jangan sampai terlupa untuk menikmati menu unik bernama Sate Klopo. Sebab sajian khas satu ini masuk ke dalam daftar kuliner unik di Surabaya yang tentunya wajib untuk dicicipi. Jika mendengar nama kuliner ini, apa yang ada di pikiran kamu? Bagi yang belum tahu biasanya mengira kuliner ini merupakan potongan kelapa yang dibuat sate.

Padahal perkiraan tersebut ternyata keliru, pasalnya menu unik dan lezat ini tetap mempergunakan daging. Bisa daging ayam maupun daging sapi dan kambing yang juga mempergunakan bumbu khas sate pada umumnya. Namun, keunikan dari menu ini terletak dari taburan parutan kelapa di atas daging sate.

Parutan kelapa ini kemudian menutupi seluruh permukaan daging sate yang kemudian membuatnya disebut sebagai sate klopo. Sensasi gurih dari parutan kelapa bercampur dengan daging yang gurih dan bumbu sate yang sedap. Ternyata mampu memanjakan lidah siapa saja, jika ingin mencicipinya bisa mampir ke Warung Sate Klopo Ondomohen Bu Asih di Jl. Walikota Mustajab No. 36 Surabaya.

  1. Nasi Udang Empal

Surabaya juga menawarkan beragam menu bernama nasi, salah satu menu nasi yang populer dan terbilang unik adalah nasi udang empal. Kuliner nasi komplit ini terbilang unik berkat penggunaan rebon kering ditambah gorengan udang dengan tepung sampai garing. Biasanya menu ini juga dilengkapi lauk lain seperti sambal bawang, serundeng kelapa, dan ayam goreng.

Setiap tempat makan yang menyajikan menu unik ini terlihat menawarkan lauk tambahan yang berbeda-beda. Jadi jangan heran jika antara satu tempat makan dengan yang lainnya menyajikan seporsi nasi udang empal yang tampilannya berbeda. Ciri khas dari menu ini adalah sambal bawang dan juga gorengan udangnya.

Jika ingin menyantapnya maka bisa mampir ke Depot Bu Rudy yang sudah sangat terkenal. Alamatnya ada di Jl. Dharmahusada No. 140 Surabaya. Depot satu ini dikenal menyajikan menu nasi udang empal yang enak dengan harga terjangkau. Menariknya lagi lokasinya juga terbilang strategis sehingga sangat mudah untuk dijangkau.

  1. Rujak Cingur

Tak lengkap rasanya jika mampir ke Surabaya belum mencicipi sensasi rujak cingur yang juga menjadi salah satu kuliner unik di Surabaya. Rujak ini sesuai dengan namanya memang mempergunakan cingur atau hidung sapi. Keunikan ini membuat rujak cingur dikenal luas oleh masyarakat, bahkan di luar Jawa Timur.

Rujak cingur biasanya terdiri dari potongan hidung sapi yang sudah dimasak dengan bumbu rempah khusus. Dipadukan dengan sayuran yang direbus seperti toge dan sayuran hijau seperti sayur bayam. Dikombinasikan pula dengan tumisan mie dan potongan tempe goreng, tahu goreng, serta mentimus. Terakhir adanya disiram dengan bumbu khas rujak yang memakai gula merah.

Sensasi segar dan gurihnya olahan hidung sapi membuat kuliner unik ini disukai oleh banyak orang, terutama wisatawan. Apabila kamu tertarik untuk mencicipinya maka bisa mampir ke Warung Rujak Cingur Ahmad Jaiz. Lokasinya ada di Jl. Ahmad Jaiz No. 40 Peneleh, Genteng, Surabaya. Tak akan sulit untuk menemukan lokasi tempat makan ini sebab terbilang strategis.

  1. Nasi Cumi Wasapada

Kamu suka menu yang terbuat dari nasi lengkap dengan lauk pauknya? Surabaya tak hanya menawarkan rawon ataupun nasi goreng dan nasi udang. Akan tetapi juga tersedia menu unik bernama nasi cumi wasapada. Sesuai dengan namanya sajian ini terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan cumi-cumi yang diolah memakai bumbu khusus.

Jika menikmatinya di Warung Nasi Cumi Wasapada, maka bisa datang ke Jl. Wasapada, Pabean, Cantikan, Surabaya. Ketika kamu memilih berkunjung kesini maka akan menjumpai beberapa varian nasi cumi. Pertama nasi cumi yang disajikan bersama rempeyek udang, ada pula pilihan yang ditambahkan telur disamping ada rempeyek udang. Sehingga kamu bisa memilih yang sesuai dengan selera.

  1. Lontong Kupang

Lontong kupang juga menjadi salah satu kuliner unik di Surabaya yang wajib untuk dicoba saat berkunjung ke kota ini. Nama kupang tidak mengarah pada kota Kupang yang ada di Kendari, melainkan dari sejenis kerang berukuran kecil. Dikatakan unik karena memang kerang bernama kupang ini hanya bisa ditemukan di Surabaya.

Kamu yang menyukai kuliner seafood maka perlu menjajal menu tradisional yang sangat populer ini. sebab kupang dimasak dengan bumbu khusus dan sudah dibersihkan dari cangkangnya yang keras. Kemudian penjaja menu khas dan unik ini akan memotong-motong lontong di atas piring, dituangi kupang yang banyak, dan disiram dengan kuah berbumbu kemudian baru ditaburi bawang goreng.

Rasa khas dari kerang kupang ini adalah gurih dan punya tekstur berpasir, namun sedap memanjakan lidah. Apabila kamu mengincar menu unik ini untuk disantap maka bisa merencanakan kunjungan ke Lontong Kupang Artomoro. Alamatnya ada di Jl. Manyar No. 5J Sabrangan, Mulyorejo, Surabaya.

  1. Nasi Krawu

Kuliner unik lainnya yang juga perlu dicicipi ketika berkunjung ke Surabaya adalah nasi krawu. Menu nasi komplit ini sebenarnya merupakan kuliner asli Gresik, Jawa Timur. Namun kamu tidak perlu datang dulu ke Gresik untuk bisa mencicipinya. Sebab di Surabaya juga bisa menjumpai banyak tempat makan yang menyuguhkannya.

Nasi krawu sendiri merupakan sajian nasi hangat dan pulen yang ditempatkan pada piring beralaskan daun pisang. Lauk pelengkapnya secara umum terdiri dari suwiran daging sapi, serundeng kelapa, semur daging, jeroan khas sapi, dan juga sambal terasi. Kebanyakan orang yang sudah mencicipinya menikmati sensasi unik dari sambal terasinya.

Memakai bumbu khusus membuat sambal terasi ini punya sensasi super pedas namun dengan kelezatan yang khas. Bagi kamu yang tertarik untuk mencicipi nasi krawu ini maka bisa mampir ke Warung Nasi Krawu Sufayah. Alamatnya sendiri ada di Jl. Manyar Kertoajo, Surabaya yang terbilang strategis dan banyak dikunjungi orang.

Manfaat Wisata Kuliner

Surabaya memang menawarkan banyak tempat terbaik untuk wisata kuliner. Kamu bisa membuat daftar tempat makan terkenal di kota ini beserta menu andalannya. Jika tertarik menikmati kuliner unik di Surabaya maka bisa mencari tempat makan yang menawarkan menu-menu di atas. Melakukan wisata kuliner sendiri menghadirkan banyak manfaat menarik.

Dimulai dari proses mengenal kuliner khas, mengetahui tempat makan yang memang enak, sekaligus mencari inspirasi untuk memasak di dapur sendiri. Sehingga tidak perlu ragu untuk terus menikmati wisata kuliner. Tidak hanya di Surabaya namun juga kota lain di Indonesia bahkan di luar negeri.

Cara Praktis Wisata Kuliner di Surabaya

Kamu ingin menikmati kuliner unik yang disebutkan di atas namun bingung musti bagaimana bisa ke Surabaya? Maka bisa bernafas lega sebab kamu bisa menggunakan layanan Vita Transport yang menawarkan paket wisata sampai penyewaan mobil. Bersama Vita Transport menjelajahi kota Surabaya sekaligus menikmati wisata kuliner terasa semakin mudah.

Temukan paket wisata yang tepat disini baik untuk kunjungan wisata ke Bromo, Batu, dan Surabaya. Vita Transport yang terpercaya dan berpengalaman akan membantu menikmati kunjungan wisata dan mencicipi kuliner unik di Surabaya dengan praktis dan ramah di kantong.

Topics: Uncategorized | No Comments »

Comments