Destinasi Wisata Seru dan Menyenangkan di Kota Malang

By Vita Transport | March 29, 2020

Malang merupakan salah satu wilayah yang ada di provinsi Jawa Timur. Meskipun posisi kota ini berada di bawah kota Surabaya yang menjadi ibukota provinsi dalam segi pembangunan kotanya, nyatanya kota ini memiliki daya tarik dan pesonanya sendiri terutama dalam segi wisatanya. Bahkan, banyak yang menyebut bahwa Malang merupakan salah satu kota wisata di Jawa Timur yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Meskipun tentu popularitasnya masih belum seheboh Pulau Bali yang memang sudah jauh lebih dulu terkenal dengan ragam wisatanya hingga ke mancanegara.

Sebelum membahas tentang apa saja destinasi wisata yang ada di Malang, alangkah baiknya bila mengenal seperti apa kota ini. Malang merupakan kota peninggalan kerajaan Singosari. Lokasi kota ini ada di sebelah selatan kota Surabaya yang merupakan ibukota provinsi Jawa Timur. Kota ini berada di ketinggia 480 hingga 667 meter di atas permukaan laut sehingga tak heran bila sejumlah kawasan di wilayah ini memiliki suhu yang cukup sejuk bahkan dingin. Selain itu, kota ini juga dikelilingi oleh empat gunung yaitu Gunung Panderman dan Gunung Kawi yang ada di sebelah barat, Gunung Semeru di sebelah timur, Gunung Kelud di sebelah selatan, serta Gunung Arjuno yang ada di bagian utara.

Iklim yang ada di wilayah Malang masuk ke dalam kategori iklim tropis basah dengan suhu rata-rata 28 derajat Celcius dan kelembapan udara mencapai 75%. Meskipun sepintas kondisi tersebut tak jauh berbeda dengan kebanyakan kota yang ada di Indonesia, kota Malang ternyata memiliki keunikan tersendiri. Suhu terendah yang ada di kota ini justru terjadi saat musim kemarau yang berlangsung kisaran bulan April hingga Oktober. Bahkan, pernah mencapai suhu udaha hingga 18 derajat Celcius di malam hari yang mana ini bisa semakin turun ketika mendekati puncak kemarau. Sedangkan untuk musim hujannya, curah hujan tertinggi biasanya datang kisaran bulan Februari. Selain itu, pada bulan November dan Desember biasanya hujan deras juga mengguyur kota ini. Inilah mengapa atur jadwal perjalanan liburanmu sebaik mungkin saat ingin berkunjung ke Malang supaya bisa lebih seru.

Hal lain yang perlu diketahui tentang Malang adalah kebudayaannya. Bahasa keseharian yang digunakan masyarakat Malang adalah Bahasa Jawa Timur yang cenderung lebih tegas, frontal serta keras. Inilah yang membuat percakapan masyarakat asli Malang seringkali terdengar seperti bentakan. Namun, ini memang menjadi logat mereka. Jadi, bila kamu berkunjung ke Malang, jangan jadi bapera kalau merasa dibentak.

Selain dari segi intonasi, hal unik yang bisa kamu jumpai saat berkunjung ke Malang adalah adanya boso walikan atau bahasa yang dibalik-balik. Contohnya, Malang seringkali disebut dengan istilah ngalam, pecel jadi lecep, dan lainnya. Meskipun tidak semua kata juga bisa dibalik. Jangan heran ya bila kamu mendengar istilah-istilah aneh dan asing di telinga saat berada di Malang.

Ragam Destinasi Wisata yang Ada di Kota Malang

Sebelumnya Malang memang terkenal sebagai kota dingin. Namun, seiring dengan perkembangan kota yang semakin meningkat dan membuat jumlah kendaraan serta bangunan yang semakin padat membuat kota ini berangsur kehilangan sebutan kota dingin. Bahkan, kemacetan menjadi salah satu problem yang kini harus dihadapi masyarakat Malang.

Meski demikian, Malang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata hiburan, wisata religi, wisata malam, wisata kuliner, bahkan juga wisata belanjanya. Tak heran bila minat wisatawan untuk mengunjungi kota ini pun dari waktu ke waktu semakin tinggi baik wisatawan domestik ataupun luar negeri terutama yang berasal dari Eropa.

Tertarik untuk mengunjungi Malang saat liburan nanti? Jangan khawatir, ada banyak fasilitas pendukung yang bisa membuat liburanmu di Malang terasa lebih menyenangkan mulai dari fasilitas akomodasi, fasilitas transportasi, fasilitas kesehatan, dan lainnya sehingga kamu bisa menikmati liburanmu dengan nyaman. Ingin tahu apa saja destinasi wisata yang ada di Malang? Berikut ini ulasan singkatnya yang mungkin bisa jadi referensi buat atur rencana perjalanan liburanmu ke Malang nantinya.

Menikmati Destinasi Wisata Budaya di Malang

Malang merupakan daerah peninggalan dari salah satu kerajaan besar yang ada di Jawa Timur. Tak heran bila daerah ini juga memiliki berbagai destinasi wisata budaya yang bisa jadi pilihan menarik untuk dikunjungi. Apa sajakah itu? Berikut referensinya!

Padepokan Seni Mangun Dharmo

Padepokan seni ini berada di kawasan Dusun Kemulan, Desa Tulusbesar, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Padepokan ini didirikan oleh para seniman yang ada di wilayah Tumpang sejak tahun 1989 yang bertujuan untuk melestarikan kebudayaan khas Kabupaten Malang. Salah satunya adalah pengembangan kesenian Topeng Malang dengan memberikan kursus menari kepada masyarakat serta menyelenggarakan sejumlah pertunjukan seni.

Candi Singosari dan Arca Dwarapala

Ingin menyusuri jejak-jejak peninggalan bersejarah dari Kerajaan Singosari? Kamu bisa mengunjungi Candi Singosari yang merupakan salah satu candi Hindu-Budha yang ada di Malang. Dalam kitab Negarakertagama serta prasasti Gajah Mada disebutkan bahwa candi Singosari tersebut merupakan tempat pendharmaan bagi Raja Singosari terakhir yaitu Sang Kertanegara yang mangkat di tahun 1292.

Masih di kompleks Candi Singosari, kamu juga bisa menjumpai Arca Dwarapala yang merupakan patun penjaga gerbang dengan bentuk manusia ataupun hewan. Arca di candi tersebut terbuat dari batu monolitik dengan ketinggian sekitar 3,7 meter.

Stupa Sumberawan

Ini juga merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Singosari yang digunakan umat Budha pada masa itu. Ini merupakan satu-satunya stupa yang ada di kawasan Jawa Timur. Stupa ini berada di tengah telaga bening yang ada di kaki Gunung Arjuno. Dengan lokasinya yang ada di kaki gunung dan ditunjang dengan pemandangan yang indah serta udara yang sejuk menjadikan obyek ini sangat menarik untuk dikunjungi. Telaga Sumberawan yang menjadi lokasi stupa tersebut hingga sekarang juga mendapatkan pengelolaan sebagai mata air.

Stupa tersebut berfungsi sebagai monumen lambang agama Budha yang dibangun sekitar abad ke-14. Lokasi stupa tersebut ada di Desa Sumberawan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Candi Badut

Candi yang juga dikenal dengan sebutan Candi Liswa ini merupakan salah satu candi tertua yang ada di Jawa Timur. Ini merupakan salah satu peninggalan dari Raja Gajayana dari Kerajaan Kanjuruhan. Raja Gajayanan yang bernama Liswa tersebut sangat dicintai oleh rakyatnya. Salah satunya karena ia suka melucu (badut). Inilah mengapa candi yang dibangunnya pun akhirnya terkenal dengan sebutan Candi Badut.

Bangunan Candi Badut sendiri tampak unik dan tidak memiliki persamaan dengan candi-candi lain yang ada di Jawa Timur. Bentuk candi ini justru lebih condong dengan bentuk Candi Dieng yang ada di Jawa Tengah. Candi yang dibangun dengan menggunakan batu endesit tersebut menjadi salah satu tempat wisata edukasi bagi para siswa. Candi ini berlokasi sekitar 5 kilometer dari pusat kota Malang tepatnya berada di Desa Karangbesuki, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Menikmati Ragam Destinasi Wisata Alam di Malang yang Mempesona

Salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Malang adalah wisata alamnya. Bahkan, ada cukup banyak spot wisata alam yang bisa dikunjungi saat liburan di Malang. Supaya kamu tidak bingung untuk memulainya dari mana, berikut ini ada beberapa referensi obyek wisata alam yang wajib dikunjungi.

Goa Pinus

Selama ini kamu mungkin seringkali mendengar pesona keindahan wisata alam di Malang yang kebanyakan berupa air terjun atau coban. Ingin mengunjungi wisata alam yang sedikit berbeda? Kamu bisa berkunjung ke Goa Pinus yang ada di kawasan Gunungsari, Bumiaji, Batu. Untuk menuju ke lokasi goa, kamu perlu melakukan trekking terlebih dahulu dengan melalui bukit yang dipenuhi hutan pinus. Keberadaan hutan pinus itulah yang membuat kawasan ini memiliki pemandangan sangat keren sehingga sangat cocok buat kamu yang hobi fotografi. Selama perjalanan menuju ke goa, kamu juga bisa menemukan sejumlah gardu pandang yang menyuguhkan pemandangan sangat menakjubkan. Kamu bisa melihat pemandangan perbukitan hijau yang menyejukkan mata.

Pantai Mbehi

Malang juga terkenal dengan keindahan dan pesona pantainya. Salah satu pantai yang bisa jadi pilihan untuk dikunjungi adalah Pantai Mbehi yang ada di Desa Sumbermanjing, Bantur, Kabupaten Malang. Lokasi pantai ini berada sekitar 66 kilometer dari pusat kota Malang.

Salah satu daya tarik yang ada di kawasan pantai ini adalah adanya kawah yang merupakan lubang besar di tepi batuan karang yang langsung menembus pemukaan air laut. Ketika ombak besar datang maka air laut bisa menyembur dari lubang kawah tersebut dan menghadirkan suatu fenomena yang unik dan menarik. Bukan hanya itu saja, air laut yang ada di kawasan pantai ini juga sangat jernih sehingga tak sedikit wisatawan yang tertarik untuk berenang ataupun sekedar bermain air di sana.

Pantai Tiga Warna

Tak jauh dari Pantai Mbehi, kamu juga bisa sekalian mampir ke Pantai Tiga Warna yang ada di Jalan Sendang Biru, Desa Sumbermanjing, Bantur, Kabupaten Malang. Sesuai dengan namanya, pantai ini memang memiliki air laut dengan tiga gradasi warna yaitu putih, hijau, dan biru. Pemandangan ini tentu menciptakan keunikan yang menakjubkan. Tiga warna air laut tersebut ternyata dihasilkan dari pembiasan cahaya matahari serta begetasi plankton yang ada di kawasan pantai tersebut. Daya tarik lain dari pantai ini adalah adanya hutan bakau yang berada di muara pertemuan air sungai dan laut. Hutan bakau tersebut memiliki fungsi sebagai pencegah abrasi. Wah, cukup menarik bukan?

Wisata Tubing Wringinanom

Satu lagi destinasi wisata alam di Malang yang sayang untuk dilewatkan, terutama buat kalian yang menyukai aktivitas lebih menantang. Kamu bisa mencoba melakukan aktivitas tubing sebagai pilihan. Tubing tak terlalu berbeda dengan rafting. Hanya saja, dalam aktivitas ini menggunakan ban untuk mengarungi derasnya arus sungai. Namun, kamu tak perlu khawatir karena selama melakukan aktivitas ini, kamu diharuskan mengenakan perlengkapan keselamatan seperti pelampung, helm, dan lainnya. salah satu spot menarik untuk melakukan tubing adalah Wisata Tubing Wringinanom yang ada di Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Daya tarik dari obyek wisata ini adalah selama melakukan tubing, kamu bisa melewati arus sungai Amprong dan Coban Pelangi. Seru bukan?

Menjelajah Wisata Religi di Malang yang Menakjubkan

Malang tak hanya memiliki wisata alam terutama pantai. Daerah ini ternyata juga menyimpan berbagai destinasi wisata religi yang bisa jadi alternatif untuk tujuan liburan. Obyek wisata religi yang ada di Malang ternyata tak punya keunikan dari segi bangunan ataupun sejarahnya melainkan juga memiliki sejumlah cerita mistis yang mengiringi. Bahkan, hal ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung. Berikut ini adalah sejumlah obyek wisata religi yang bisa jadi pilihan untuk kamu kunjungi saat liburan ke Malang.

Kawasan Gunung Kawi

Gunung Kawi merupakan salah satu gunung berapi yanh masih aktif hingga sekarang. Gunung ini berada di ketinggian 500 hingga 3000 meter di atas permukaan laut, tepatnya di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. Di kawasan gunung tersebut terdapat sejumlah bangunan dengan gaya arsitektur khas Tiongkok, termasuk adanya sebuah klenteng yang digunakan sebagai tempat ibadah bagi umat Kong Hu Cu.

Ada sebuah benda ‘sakti’ yang bisa dijumpai di Gunung Kawi yaitu pohon dawandaru atau yang juga dikenal dengan shian to atau pohon dewa di kalangan masyarakat Tionghoa. Ada kepercayaan yang menyebutkan bahwa barang siapa yang bisa menyimpan dahan, buah, ataupun daun pohon  tersebut maka ini bisa menambahkan kekayaan pada orang tersebut. inilah mengapa banyak peziarah yang rela menunggu lama untuk bisa mendapatkan beberapa bagian pohon yang jatuh.

Masjid Tiban

Belakangan ini ada sebuah spot wisata religi yang cukup hits yaitu Masjid Tiban yang berlokasi di Kecamatan Turen, kabupaten Malang. Masjid ini menjadi begitu populer karena memiliki desain bangunan yang cukup unik. Selain itu, masjid tersebut juga memiliki cerita misteri tersendiri terkait keberadaannya. Banyak pihak yang bercerita bahwa masjid tersebut berdiri secara tiba-tiba di tengah-tengah permukiman warga sehingga memunculkan keyakinan bahwa masjid tersebut dibangun oleh bangsa jin.

Sebenarnya, masjid tersebut dibangun oleh Pondok Pesantren Syalafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaairil Rahmah yang didirikan oleh KH Ahmad Bahru Mafdlaluddin Sholeh Al Mahbub Rahmat Alam atau yang dikenal dengan Romo Kiai Ahmad. Desain bangunan masjid tersebut memang cukup unik dan megah. Gaya arsitektur Timur Tengah dengan hiasan kaligrafi Arab di hampir semua temboknya membuat bangunan masjid ini tampak semakin menakjubkan.

Klenteng Eang An Kiong

Klenteng ini berada tepat berdampingan dengan Pasar Besar Malang yaitu di kawasan Kota Lama. Klenteng ini dibangun sekitar tahun 1825 berdasar prakarsa Liutenant Kwee Sam Hway. Klenteng ini menjadi tempat ibadah bagi penganut Tri Dharma yaitu agama Budha, Tao, dan Kong Hu Cu. Selain itu, klenteng yang memiliki makna istana keselamatan dalam keabadian Tuhan tersebut menjadi salah satu pusat kebudayaan Tionghoa yang ada di kawasan Malang.

Makam Ki Ageng Gribig

Satu lagi destinasi wisata religi yang ada di Malang yaitu makan KI Ageng Gribig. Sesuai namanya, makam ini berada di Jalan Ki Ageng Gribig gang II Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Malang. Lokasi makam ini tak begitu jauh dari Perumahan Sawojajar yang bisa dicapai baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan kota.

Ki Ageng Gribig dikenal sebagai salah satu tokoh penyebar agama Islam yang sangat terkenal di tahun 1600an. Inilah mengapa makamnya pun hingga kini menjadi salah satu tujuan para peziarah ataupun wisatawan yang mencari spot wisata religi di kota Malang.

Serunya Berburu Destinasi Wisata Kuliner di Malang

Salah stau keseruan yang rasanya sayang untuk dilewatkan begitu saja saat melakukan aktivitas traveling ke berbagai daerah adalah berburu beragam kuliner yang ada di kawasan tersebut. tak hanya berburu kuliner khas daerah setempat, kamu juga bisa mencari sejumlah spot wisata kuliner yang menawarkan beragam menu unik dan tak biasa. Tentunya, ini bisa memberikan pengalaman serta kesan tersendiri. Bagaimana dengan Malang? Tenang sja, kamu bisa menemukan berbagai destinasi wisata kuliner yang tak hanya unik tetapi juga lezat dan menggugah selera yang bisa jadi pilihan menarik saat liburan ke Malang.

Bakso Bakar

Bakso mungkin sudah menjadi salah satu jajanan yang sangat populer di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Hanya saja, ketika kamu liburan ke Malang, kamu sebaiknya tak melewatkan untuk mencicipi kelezatan bakso bakarnya. Salah satunya adalah Bakso Presiden yang ada di Jalan Batanghari no 5, Malang. Di kios bakso tersebut, kamu bisa leluasa untuk memilih sendiri bakso yang akan kamu makan mulai dari bakso kecil, bakso besar, bakso urat, bakso telur, bakso goreng udang, ataupun lainnya. bakso bakar tersebut disajikan lengkap dengan saos serta sambalnya yang segar dan enak. Wajib dicoba nih!

Depot Tahu Lontong Lonceng

Penasaran dengan kuliner legendaris yang ada di Malang? Kamu bisa mengunjungi salah satu destinasi kuliner legendaris yang berada di Jalan Laksamana Martadinata no 66. Ya, kamu akan menjumpai Depot Tahu Lontong Lonceng. Menu andalan di depot tersebut adalah tahu telur lontongnya yang disajikan dengan sambal petis di bagian dasar piring. Selain menu tersebut, ada juga menu lainnya seperti tahu lontong biasa serta tahu telur nasi.

Pecel Kawi

Spot wisata kuliner lain yang bisa jadi pilihan untuk mengisi perut saat berada di Malang adalah Pecel Kawi yang berlokasi di Jalan Kawi Atas no 43B. pecel ini terkenal dengan bumbu kacangnya yang gurih dan cenderung kental dibandingkan bumbu pecel pada umumnya. Dalam satu porsi pecel di tempat makan ini terdiri dari nasi putih, lauk-pauk, sayuran, serta bumbu kacang kental yang memiliki rasa begitu khas. Jangan lupa juga untuk menikmati nasi pecel tersebut bersama rempeyeknya yang gurih dan renyah.

Rumah Makan Cairo

Kamu penyuka berbagai kuliner khas Timur Tengah? Jangan khawatir, karena di Malang kamu bisa menemukan destinasi kuliner yang menyajikan berbagai hidangan khas Timur Tengah. Namanya Rumah Makan Cairo yang berlokasi di Jalan Kapten Tendean no 1. Rumah makan yang satu ini saudah sangat terkenal di kawasan Malang. Menu andalan di rumah makan ini terkenal dengan daging kambingnya sebagai bahan utama. Ada berbagai menu yang bisa dicoba seperti sate kambing, gulai kambing, kambing guling, krengsengan kambing, nasi kebuli, nasi mandhi, serta nasi briyani. Bila kamu kebetulan hanya ingin mencari camilan pengganjal perut, kamu juga bisa mencoba martabak telur ataupun roti maryamnya.

Puthu Lanang Celaket

Kangen dengan berbagai jajanan tradisional? Kamu sebaiknya tak melewatkan untuk mampir ke Puthu Lanang Celaket yang ada di Jalan Jaksa Agung Suprapto. Kamu bisa menemukan berbagai jajanan tradisional seperti cenil, lupis, kue putu, dan lainnya yang disajikan di atas daun pisang dan disiram dengan gula merah cair serta parutan kelapa.

Eksplorasi Sisi Berbeda dengan Ragam Destinasi Wisata Hiburan Malam di Malang

Tak hanya wisata alamnya saja yang menarik untuk dieksplorasi saat berada di Malang. Nyatanya, kota ini juga menyimpan banyak destinasi wisata malam yang tak kalah menari. Menjejalah kota Malang saat malam hari pastinya bisa memberikan kesan dan pengalaman tersendiri saat berlibur. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata malam di Malang yang tak hanya menarik tetapi juga memberikan kesan romantis.

Taman Kunang-Kunang

Taman yang berada di Jalan Jakarta hingga Simpang Ijen ini memiliki banyak lampu yang tersebar di area taman. Ketika malam tiba, lampu-lampu tersebut akan menyala dan mampu menghiasi kawasan taman layaknya kunang-kunang. Salah satu keunikan yang ada di taman ini adalah adanya 5 bagian yang disebut dengan plaza. Di masing-masing plaza, kamu bisa menjumpai bentuk dan jumlah lampu yang ditata sedemikian rupa. Berada di taman seindah itu, kamu bisa menikmatinya sembari jalan-jalan di sekitar taman. Selain itu, kamu juga bisa duduk santai di gazebo atauapun tempat duduk permanen yang tersedia. Ini bisa jadi spot wisata malam di Malang yang cukup romantis untuk menghabiskan malam.

Paralayang Batu

Spot wisata malam yang satu ini berada di kawasan ketinggian, tepatnya di daerah Batu. Berada di area yang tinggi di malam hari bisa memberikan pengalaman tersendiri. Kamu bisa memandangi indahnya gemerlap lampu kota Malang dari ketinggian. Hamparan lampu-lampu kota yang seakan tak ada ujungnya tersebut nyatanya mampu memberikan suasana yang lebih romantis.

Batu Night Spectacular

Ingin mencari spot wisata hiburan di malam hari saat berada di Malang? Kamu sebaiknya tak melewatkan untuk mampir ke Batu Night Spectacular (BNS) yang berlokasi di kawasan wisata Batu. Destinasi wisata malam tersebut menaratkan berbagai wahana permainan dan spot-spot menarik. Salah satunya adalah wahana Lampion Garden yang mana kamu bisa menemukan banyak sekali lampion dengan warna dan bentuk yang sangat bervariasi. Spot paling menarik bagi para pengunjung di kawasan wahana ini adalah adanya lampion berbentuk istana yang megah dan cantik. Selain itu, ada juga kereta kencana yang dihiasi dengan lampu-lampu LED yang menakjubkan.

Di BNS, kamu juga bisa menikmati sejumlah wahana permainan menarik dan bahkan memacu adrenalin seperti Rumah Kaca, Rumah Hantu, Go Kart, Bioskop 4D, Merry Go Round, dan lainnya.

Infinity World di Jatim Park 3

Obyek wisata yang satu ini merupakan salah satu wahana yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Jatim Park 3 di kawasan wisata Batu. Infinity World sendiri merupakan ruang tanpa batas yang mengusung konsep rumah kaca dengan hiasan efek pencahayaan yang unik dan menarik. Spot wisata malam ini bisa jadi salah satu tempat wisata kekinian terutama bagi para pemburu foto keren. Selain bisa mendapatkan banyak foto-foto unik, kamu juga bisa menikmati serunya mencari jalan untuk bisa keluar dari Infinity World. Tentunya ini akan cukup menantang karena tak hanya susah tetapi juga mengharuskanmu untuk berhati-hati supaya tak menabrak kacanya karena salah pilih jalan.

Malang Night Paradise

Salah satu pesona Malang Night Paradise adalah hiasan berbagai macam lampion serta lampu LED dalam beragam bentuk dan warna. Selain itu, di area obyek wisata yang satu ini juga terdapat spot lainnya yang bernama Dancing Water Fountain. Ini merupakan atraksi air mancur menari dengan iringan cahaya lampu yang sangat cantik. Saat berada di kawasan tersebut, kamu sebaiknya tak melewatkan untuk menyusuri terowongan dengan hiasan yang indah, bunga, lampion merak, kincir angin, dan lainnya. Berada di spot wisata malam yang satu ini pastinya tak akan membuatmu kehabisan spot berfoto yang unik.

Destinasi Wisata Belanja di Malang yang Wajib Dikunjungi

Menghabiskan waktu liburan rasanya tak akan lengkap tanpa adanya momen belanja terlebih buat kamu yang memang hobi shopping pastinya selalu tertarik untuk mencari tahu di mana spot belanja yang menarik untuk dikunjungi. Demikian juga saat kamu berkunjung ke Malang. Kamu tak hanya bisa menemukan spot wisata alam, kuliner, budaya, ataupun lainnya. Tetapi, kamu juga bisa menemukan spot-spot wisata belanja yang menawarkan beragam produk dengan harga murah meriah. Cocok nih buat belanja oleh-oleh.

Pasar Besar Malang

Ini merupakan pusat perbelanjaan berkonsep pasar tradisional terlengkap dan terbesar yang ada di Malang. Tak heran bila pasar ini menajdi salah satu spot belanja paling populer dan difavoritkan baik bagi masyarakat Malang ataupun para wisatawan yang berkunjung. Lokasi pasar ini berada di Jalan Sartono SH, Sukoharjo, Klojen, Malang yang tak jauh dari Alun-Alun Kota Malang. Di pasar ini, kamu bisa menemukan beragam produk mulai sayur, buah, produk fashion, emas, dan lainnya. Bila tertarik untuk belanja di pasar ini, pastikan kamu pandai menawar supaya bisa mendapatkan harga terbaik.

Kampung Wisata Sanan

Spot wisata belanja lain yang bisa dikunjungi saat berada di Malang adalah Kampung Wisata Sanan yang belokasi di Kelurahan Purwantoro, Blimbing, Kabupaten Malang. Ini merupakan sentra pengrajin tempe dan keripik tempe terbesar di Malang. Di kampung tersebut, kamu bisa menemukan beragam olahan keripik tempe yang gurih, enak, dan renyah. Selain keripik tempe, kamu juga bisa menemukan beragam keripik buah yang bisa kamu beli dengan harga yang cukup ramah kantong. Jadi, buat kamu yang ingin borong oleh-oleh khas Malang, kamu sebaiknya tak melewatkan untuk mampir ke kampung wisata tersebut.

Supermarket Lai Lai

Jangan membayangkan supermarket yang satu ini akan sama dengan berbagai supermarket lainnya karena memang memiliki daya tarik tersendiri. Di Supermarket Lai Lai, kamu bisa menemukan beragam produk impor yang pastinya akan sulit bahkan tidak ada di supermarket lainnya. Kamu bisa menemukan berbagai bahan makanan dari Korea ataupun beragam kosmetik impor. Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai oleh-oleh dari berbagai daerah di Indonesia seperti pia susu Bali, bandeng asap Sidoarjo, ataupun lainnya. Tenang saja. Soal harga, supermarket yang satu ini menawarkan harga yang cukup terjangkau.

Sentra Keramik Dinoyo

Buat kamu pecinta kerajinan keramik sebaiknya tak melewatkan untuk mampir ke pusat keramik yang ada di Jalan MT Haryono, tepatnya sebelum pertigaan Dinoyo menuju arah Sengkaling. Di sana kamu bisa menemukan beragam produk kerajinan keramik seperti asbak, vas, gelas, patung pajangan, dan lainnya. harga keramik di sentra ini juga relatif terjangkau dibandingkan dengan tempat lainnya. Bahkan, kamu juga bisa melihat pembuatan keramik ataupun mencoba membuat keramik sendiri. Tak hanya bisa berbelanja, kamu juga bisa dapat pengalaman berkesan yang tak terlupakan.pastinya.

Akses Transportasi Menuju Kota Malang

Ingin menghabiskan waktu liburan di kota Malang? Jangan khawatir karena ada banyak alternatif transportasi yang bisa digunakan untuk menuju kota tersebut mulai baik jalur udara ataupun darat.

Pesawat

Moda transportasi yang satu ini bisa dibilang menjadi pilihan yang paling pas buat amu yang ingin menuju kota Malang lebih cepat dan praktis. Tenang saja, ada banyak pilihan maskpai penerbangan yang melayani jalur menuju ke Malang seperti Sriwijaya Air, Batavia Air, Garuda Indonesia, ataupun lainnya. Harga tiket menuju kota Malang pun sangat variatif tergantung jenis maskapai penerbangan yang digunakan, fasilitas yang diinginkan, serta jadwal keberangkatannya. Bila kamu ingin menggunakan jalur udara untuk menuju salah satu kota wisata di Jawa Timur ini, maka kamu akan turun di Bandara Abdul Rahman Saleh. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan sejumlah moda transportasi yang tersedia untuk menuju tempat tujuanmu.

Kereta Api

Alternatif fasilitas transportasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengakses kota Malang yang ada di Jawa Timur ini adalah kereta api. Ini merupakan salah satu pilihan transportasi yang tak hanya cepat tetapi juga lebih ramah kantong dibandingkan dengan pesawat. Jenis kereta api yang melayani jalur tujuan kota Malang pun beragam mulai dari kelas ekonomi jarak dekat, kelas ekonomi jarak jauh, kelas bisnis, hingga kelas eksekutif yang pastinya menawarkan fasilitas dan harga tiket yang bervariasi. Beberapa kereta api yang melayani jalur tujuan ke kota Malang antara lain Gajayana, Matarmaja, ataupun lainnya.

Bus

Moda transportasi umum yang satu ini bisa jadi pilihan yang menarik buat kamu yang memiliki cukup banyak waktu untuk menikmati perjalanan menuju kota Malang. Tersedia beberapa bus antar kota ataupun antar provinsi yang melayani rute perjalanan menuju kota ini seperti Pahala Kencana, Lorena, Kramat Djati, Malino, Harapan Baru, dan lainnya. tarif tiket bus pun sangat beragam, menyesuaikan jarak serta jenis bus yang digunakan.

Kendaraan Pribadi

Menuju kota Malang pun snagat mungkin dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor ataupun mobil, terutama buat kamu yang bertempat tinggal tak terlalu jauh dari kota ini. Perjalanan menggunakan kendaraan pribadi memang dinilai cukup praktis karena nantinya saat kamu ingin berkeliling kota menikmati ragam destinasi wisata yang ada di sana pun, kamu tak akan kesulitan tentang transportasi yang digunakan. Namun demikian, mengemudikan kendaraan pribadi tentu juga cukup melelahkan.

Sewa Mobil

Kamu berencana untuk liburan ke Malang bersama keluarga ataupun teman-teman namun juga tak ingin ribet soal transportasi? Tenang saja, kamu bisa memilih untuk menggunakan layanan jasa rental mobil yang sudah lengkap dengan sopirnya. Dalam hal ini, pastikan untuk memilih jasa rental mobil terpercaya dan profesional. Kamu bisa memilih armada yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan adanya fasilitas sopir maka kamu pun tak perlu pusing memikirkan rute perjalanan, merasa kelelahan saat mengemudi, ataupun lainnya.

Butuh jasa rental mobil terpercaya dan profesional untuk menemani perjalanan liburan ke Malang? Tenang saja, kamu bisa mempercayakan kebutuhanmu dengan menghubungi Vita Transport. Ini merupakan penyedia jasa rental mobil yang sudah lengkap degan sopirnya sehingga kamu bisa aman dan nyaman untuk bepergian ke sejumlah destinasi wisata. Selain itu, perusahaan ini juga menyediakan berbagai paket wisata di Malang, Bromo, serta Surabaya sehingga sangat cocok buat kamu yang ingin mengisi liburan tanpa harus dipusingkan dengan jadwal serta tujuan wisata. Vita Transport bisa jadi pilihan menarik untuk menemani perjalanan liburanmu menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Topics: Uncategorized | No Comments »

Comments