fbpx

Tahukah kamu ternyata ada hal yang unik di kota Surabaya. Kota yang terkenal bersih dan ramah akan kaum difabel ini sekarang sudah punya Double Decker dan Bus Sampah. Hal ini menjadi sebuah kabar positif yang harus terus dikembangkan di Indonesia sehingga sampah yang ada bisa diakomodir dengan baik dan tidak menumpuk dan mencemari lingkungan. Kalian yang ada di Kota Surabaya adalah warga yang beruntung karena pemerintah setempat benar-benar bisa berinovasi dan berdedikasi demi terciptanya Surabaya yang aman dan nyaman untuk seluruh penduduk di dalamnya. Ada sebuah hal yang unik untuk double decker bus dan bus sampah di kota Surabaya. Tentu saja, saat ini walaupun sudah mulai banyak tersedia namun belum semua kota di Indonesia memiliki fasilitas double decker bus dan juga bus sampah. Kebanyakan sampah hanya diambil dari rumah ke rumah menggunakan pick up biasa atau dibuang secara pribadi ke tempat pembuangan sampah yang ada dan dibiarkan menumpuk begitu saja.

Baiknya, dari kota Surabaya ini bisa menjadi contoh untuk juga dikembangkan di kota lain di Indonesia. Double decker bus ini berukuran lebih tinggi karena memiliki kapasitas tempat duduk dua tingkat. Dengan begitu penumpang bisa melihat dan menikmati kota Surabaya dari ketinggian. Cocok sekali untuk wisata dalam kota seperti yang juga banyak digunakan diluar negeri. Kalau kamu berniat menjajal menaiki double decker bus dan bus sampah di Surabaya segera jadwalkan liburan kesana. Tenang saja, kota Surabaya juga punya banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Liburan dijamin menyenangkan. Soal transportasi tidak perlu khawatir, kamu bisa mengandalkan Vita Transport yang memang menyediakan banyak jenis mobil untuk kebutuhan transportasi selama kamu jalan-jalan di Surabaya.

Kamu juga wajib tahu, kalau biasanya penumpang ingin naik double decker bus harus membayar tiket seharga tertentu namun di Surabaya berhasil menciptakan kebiasaan baru yang unik. Kamu bisa mendapatkan tiket naik bus sampah tanpa harus membayar dengan uang tunai. Kok bisa? Jelas saja. Ada system baru yang diciptakan. Surabaya sendiri sukses menjadi percontohan untuk beberapa hal baik yang sebelumnya belum pernah ada di Indonesia.

Sejarah Double Decker Bus dan Bus Sampah di Surabaya

Ternyata, double decker bus dan bus sampah di Surabaya bukan muncul begitu saja. Bus tingkat ini sudah resmi meluncur di Surabaya sejak tahun 2018 lalu. Uji coba pun sudah dilakukan beberapa kali mengingat di kota Surabaya banyak jalan dengan pepohonan yang cukup tinggi sehingga memang rute bus tingkat ini kemudian harus berganti supaya tidak merusak pepohonan yang bertujuan membuat kota Surabaya menjadi lebih rindang. Pengujian pertama kali dilakukan dari ITS ( Institut Teknologi Sepuluh Nopember) sampai dengan UNESA ( Universitas Surabaya ). Kapasitas double decker bus ini sebanyak 71 orang penumpang. Kenapa dilakukan proses uji coba? Karena bus ini lebih tinggi dan besar dari bus pada umumnya, Sehingga pengelola bisa mengetahui hambatan apa saja yang ditemui dijalan saat bus tersebut benar-benar sudah beroperasi.

Dulunya, sebelum pemerintahan yang sekarang berjalan, pengelolaan sampah yang ada di kota Surabaya juga belum begitu baik. Dan saat itu kota Surabaya terasa begitu gersang dan panas menyengat. Namun karena kerja keras pemerintah kota yang saat ini ada kemudian merubah tampilan kota Surabaya menjadi benar-benar ramah untuk semua orang bahkan penyandang cacat pun dibuatkan jalur sendiri. Pengelolaan sampah dengan cara memanfaatkan double decker bus ini adalah cara terbaru yang mungkin dulu tidak terpikirkan oleh siapapun. Sampah semakin menumpuk dan jika dibiarkan begitu saja maka akibatnya untuk anak cucu kelak jelas tidak baik. Dunia dan bumi ini sudah semakin tua yang artinya seharusnya semakin dicintai dengan tidak menjadi penyumpang sampah namun tidak bisa mempertanggungjawabkan semuanya.

Bukan tanpa alasan kenapa double decker bus dan bus sampah ini kemudian ada di kota Surabaya. Tahukah kamu kalau kota Surabaya adalah kota dengan system pengolahan sampah yang sampai berhasil mendapatkan penghargaan internasional? Pemerintah kota Surabaya benar-benar memperhatikan hal tersebut sehingga image kota Surabaya bisa terus terjaga dengan baik dan warganya nyaman tinggal disana.

Untuk diketahui, double decker bus dan bus sampah ini adalah hibah dari Bank Mayapada. Bank Mayapada secara khusus menghibahkannya untuk pemerintah kota Surabaya dan juga mendukung dunia Pendidikan generasi muda di kota Surabaya dengan memberikan bantuan senilai 5 Milyar. Unik sekali bukan? Diharapkan dengan adanya double decker bus ini kemudian rasa peduli warga Surabaya dan mahasiswa pada khususnya bisa lebih baik lagi. Bukan tanpa tujuan, bank Mayapada memberi hibah bus tingkat ini untuk pemerintah kota Surabaya. Tujuan utamanya memang untuk mengatur limbah sampah agar bisa dikelola dengan baik dan diaur ulang dengan cara yang benar. Sampah bukan lagi sebuah hal yang bisa dipandang sebelah mata. Jika dikelola dengan baik dan benar maka sampah bisa menghasilkan sesuatu yang bernilai namun jika dibiarkan begitu saja menumpuk justru sangat mencemari lingkungan dan membuat perkotaan terlihat kumuh. Surabaya sebagai salah satu kota besar di Indonesia yang menjadi jujukan para pebisnis dan pelajar tentu tidak akan membiarkan hal tersebut terjadi begitu saja.

Istimewanya Double Decker Bus dan Bus Sampah di Surabaya

Double decker bus dan bus sampah ini sangat unik. Kenapa dikenal sebagai bus sampah? Tentu saja bukan seperti arti secara harafiah dimana bus sampah berarti mengangkut sampah dalam jumlah besar dan menyebabkan bau yang menyengat seperti yang mungkin kamu sering jumpai. Pemerintah kota Surabaya bekerja sama dengan pengelola untuk memberikan fasilitas gratis naik bus tingkat ini untuk para mahasiswa jika mereka menukarkan dengan membawa sampah plastic seperti botol air minum kemasan. Dengan begitu, sampah yang ada tidak kemudian dibuang disembarang tempat melainkan akan dikumpulkan secara tidak langsung saat mahasiswa menaiki double decker bus tersebut.

Nantinya bus tingkat ini memang akan beroperasi untuk kalangan masyarakat umum juga namun rute bus dan juga penumpang yang diutamakan ada pada wilayah Surabaya Barat dan juga Surabaya Timur. Saat ini jalur bus masih menghubungkan jalur di Unesa Lidah Kulon, ITS dan juga Kampus C Universitas Airlangga. Jadi, kalau kalian berada di wilayah tersebut berbahagialah. Hanya dengan membawa sampah-sampah plastic saja kalian sudah bisa naik double decker bus dan bus sampah tanpa harus membayar biaya lebih. Menyenangkan sekali bukan? Biasakan untuk mengumpulkan sampah tersebut sekaligus sebagai salah satu cara membantu pemerintah kota Surabaya untuk membuat lingkungan menjadi bersih dan enak dipandang. Kenapa bus tingkat masih beroperasi di tiga lokasi tersebut karena masih banyak hambatan salah satunya kabel listrik yang rendah, ranting pepohonan hingga lahan parkir yang harusnya untuk parkir bus berukuran bersar tersebut justru digunakan untuk masyarakat memarkirkan kendaraannya secara liar. Hal ini tentu saja menjadi hambatan double decker untuk bisa berjalan secara rutin untuk kebutuhan masyarakat Surabaya secara umum.

Jam Operasional Double Decker Bus dan Bus Sampah di Surabaya

Buat kamu yang mau mencoba naik double decker bus yang juga dikenal sebagai bus sampah unik di Surabaya kamu harus tahu jam operasionalnya. Kamu mulai bisa naik bus ini dari pukul 16.00 atau jam 4 sore sampai jam 22.00 atau jam 10 malam setiap harinya. Diluar jam tersebut, bus tingkat ini tidak beroperasi di jalan raya. Apakah dikemudian hari akan ada penyesuaian atau tidak hal tersebut masih menjadi pertimbangan pemerintah kota. Tentunya semua keputusan sudah dipertimbangkan dengan baik demi kenyamanan dan keamanan masyarakat dan mahasiswa di Surabaya. Agar tidak kecewa maka perhatikan jam operasional bus tingkat tersebut. Jika tidak kamu bisa mencoba alternative bus yang lainnya. Tenang, walaupun tidak naik double decker bus namun Surabaya juga tetap menyediakan fasilitas kendaraan umum yang sama nyamannya untuk kalian bepergian ke berbagai tempat.

Mengumpulkan Sampah dengan Cara Unik di Surabaya

Sebenarnya, system pembayaran bus di Surabaya dengan menggunakan sampah plastic bukanlah pertama kalinya dilakukan oleh bus tingkat ini namun sudah lebih dulu dijalankan oleh Suroboyo Bus. Pertama kali Surabaya memberlakukan system tukar sampah dengan tiket naik bus adalah untuk Suroboyo Bus. Sistemnya sama, masyarakat yang naik hanya perlu membawa sampah plastic seperti botol minum bekas dan yang lainnya lalu bisa naik bus sesuai dengan trayek yang akan ditempuh. Lalu saat ini, pemerintah kota Surabaya ingin menambah lagi dan meningkatkan kesadaran masyarakat dan mahasiswa Surabaya untuk mengumpulkan sampah plastiknya dengan bekerja sama dengan Bank Mayapada dalam pengadaan double decker bus yang dikenal sebagai bus sampah di Surabaya.

Pemerintah kota Surabaya sangat peduli dengan polusi yang diakibatkan oleh menumpuknya sampah plastic dan menyebabkan kondisi lingkungan dan alam menjadi panas menyengat seperti saat ini. Oleh sebab itu, hal ini sekaligus menjadi salah satu sarana dan cara edukasi yang dianggap cukup efisien yang sangat sederhana yaitu mengumpulkan sampah plastic yang bisa di daur ulang untuk kemudian diberikan kepada pemerintah kota dengan cara naik double decker bus. Selain itu tujuan lain mengadakan double decker bus dan Suroboyo bus ini adalah untuk mengurangi tingkat kemacetan dan kecelakaan yang terjadi di Surabaya. Akan sangat baik bagi masyarakat dan mahasiswa yang mau memanfaatkan fasilitas ini dengan baik apalagi busnya besar, luas dan nyaman juga dilengkapi dengan AC yang dingin. Nantinya diharapkan trayek yang ditempuh bisa lebih banyak lagi sehingga bus mampu mengangkut lebih banyak sampah dan lebih banyak penumpang.

Hanya di Surabaya kalian bisa naik bus tanpa harus membayar dengan uang tunai namun cukup menukarkan tiket bus dengan sampah plastic. Inovasi ini layak dicoba oleh seluruh masyarakat Surabaya. Bus Sampah di Surabaya tidak lagi kumuh dan bau seperti yang sering dikeluhkan masyarakat pada umumnya. Jika kesadaran sampah masyarakat sudah semakin baik harapannya bisa menjadi habit atau kebiasaan sehingga menjadi budaya pengolahan sampah yang baik nantinya. Membudayakan kebiasaan baik memang membutuhkan waktu namun kota Surabaya sudah berhasil menciptakan kondisi yang lebih baik dengan system yang unik seperti yang digunakan pada system operasional double decker dan bus sampah ini. Istimewa sekali bukan? Kalian bisa melihat cara pandang baru mengenai pengelolaan sampah yang ada di masyarakat.

Kota Surabaya Peduli Sampah

Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Surabaya terus meningkatkan kemajuan pesat khususnya dalam menjaga keutuhan dan kesehatan lingkungan. Kalau kalian pernah mendengar bahwa kota Surabaya sukses menjadi kota untuk percontohan pengelolaan sampah terbaik se Indonesia, itu adalah fakta. Tidak hanya pengolahan sampah namun juga ruang terbuka hijau terus naik jumlahnya sehingga sukses membuat Surabaya menjadi kota yang asri dan hijau. Dulu ruang terbuka hijau hanya sebesar 7% saja namun saat ini persentasenya sudah mencapai 26% dan ini merupakan hasil yang harusnya bisa dicontoh oleh daerah lain demi mengatasi global warming yang terus mengkhawatirkan.

Salah satu kepedulian dengan lingkungan dan untuk pengelolaan sampah yang menggunakan innovasi modern maka pemerintah kota Surabaya menggunakan fasilitas double decker bus yang bahkan belum terpikirkan di daerah lain. Dari segi income yang masuk mungkin tidak secara langsung dalam bentuk uang karena penumpang bisa naik gratis hanya dengan menukarkan sampah yang mereka punya, namun secara jangka Panjang uang itu akan hadir dalam bentuk lainnya setelah sampah-sampah yang masuk di daur ulang kembali. Dalam hal ini pemerintah kota Surabaya memang benar-benar memiliki solusi pasti untuk permasalahan yang selama ini cukup meresahkan yaitu sampah.

Jalan-Jalan di Surabaya pakai Vita Transport

Buat kamu yang mau jalan-jalan di kota Surabaya namun tidak membawa kendaraan pribadi karena sudah naik pesawat, kereta atau bus kota, kamu tidak perlu khawatir. Vita Transport menyediakan fasilitas rental mobil dengan pilihan menggunakan sopir yang jelas akan mempermudah perjalanan yang kalian lakukan. Jalan-jalan di kota Surabaya menjadi lebih menyenangkan karena kamu bisa memilih mau menggunakan paket wisata yang mana. Di Surabaya kamu bisa jalan-jalan ke berbagai pilihan kota seperti ke wisata Bromo, keliling di kota-kota Surabaya saja atau ke Batu dan juga menjelajah Malang. Berbagai pilihan paket wisata dan rental mobil tersedia dengan penawaran harga yang sangat menarik. Tersedia fasilitas sopir untuk membuat kamu nyaman tanpa harus merasa Lelah menyetir sendiri saat liburan. Sopir yang ada pun sudah sangat berpengalaman karena sudah tahu berbagai jalan di kota Surabaya dan sangat mengenal trayek di kompleks wisata.

Tidak hanya untuk rental mobil saja, namun vita transport juga menyediakan berbagai pilihan paket wisata di kota Malang. Untuk pilihan mobil yang akan kalian sewa pun mulai dari mobil biasa hingga mobil mewah. Harganya jangan khawatir, dijamin tidak akan buat kantong bolong. Sebanding dengan kondisi dan kualitas kendaraan yang kalian naiki selama berkeliling di Surabaya. Untuk system sewa sendiri bisa untuk full day atau untuk paket liburan. Kamu bisa memilih langsung sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing mobil memiliki kapasitasnya sendiri yang bisa disesuaikan dengan jumlah penumpang yang akan ikut bepergian. Selain mobil berkapasitas 5 seater to 7 seater, kalian juga bisa menyewa minibus seperti ELF atau Toyota Hiace Commuter. Selain itu juga menyediakan pilihan medium bus untuk wisata berkapasitas besar. Untuk pemesanan langsung saja hubungi 0341 2991 612 / 0821 4254 3004.