Ingin Liburan? Ini Dia 17 Event Wisata yang Ada di Bulan Juli 2019

By Vita Transport | March 29, 2020

 Liburan, siapa yang tidak ingin melakukan kegiatan yang menyenangkan ini? Liburan menjadi salah satu solusi bijak untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Di samping itu, liburan juga menjadi moment yang pas untuk menambah keharmonisan rumah tangga. Tidak hanya kepada pasanganmu, liburan bersama juga dapat mempererat hubunganmu bersama buah hati tercinta. Lalu apakah Kamu sudah menentukan rencana liburan tahun ini? Barangkali mengunjungi event-event wisata dapat menjadi pilihanmu bersama keluarga tercinta.

17 Event Wisata Juli 2019 yang Dapat Dikunjungi

Indonesia memang dikenal memiliki “1001” tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari Sabang hingga ke Merauke, semuanya memiliki potensi wisata yang begitu banyak, sehingga tidak heran jika Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata oleh para pelancong dari berbagai penjuru dunia. Selain beragam dan unik, tempat-tempat wisata itu juga ada yang mengadakan event pada bulan-bulan tertentu. Salah satu bulan yang disinyalir memiliki rangkaian event wisata yang cukup banyak adalah bulan Juli 2019. Lantas ada event apa saja di bulan Juli nanti?

  1. Event JFC di Jawa Timur

JFC atau Jember Fashion Carnival merupakan event dengan skala internasional yang ada di Jember, Jawa Timur. Pada event ini Kamu akan melihat para peraga yang mengenak konstum unik dan nyentrik. Tentunya acara ini semat Kamu lihat di salah satu pemberitaan stasiun TV. Selain pagelaran aneka kostum, Kamu juga dapat menyaksikan beragam kegiatan karnaval, pameran dan konvensi fashion. Biasanya event akan diselenggarakan mulai 30 Juli sampai 4 Agustus. Bagi Kamu yang ingin berencana liburan tahun ini, event JFC ini dapat menjadi pilihannya.

  1. Carnival Batik Solo

Event berikutnya yang juga akan diselenggarakan di bulan Juli ini adalah Carnival Batik Solo. Tentunya Kamu sudah tahu bahwa Solo merupakan salah satu centra produksi batik yang ada di Indonesia. Bahkan produk batik dari daerah ini pun cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan motif khasnya yang unik. Masih terkait dengan produk batiknya, Solo juga memiliki event tahunan yang dikenal dengan nama Carnival Batik Solo. Carnival ini sendiri telah masuk tahun ke-11 dan tahun ini akan diadakan pada 26 Juli hingga 28 Juli 2019. Maka dari itu, jika Kamu berencana bertangan ke Sola dalam waktu dekat, sebaiknya Kamu tidak melewatkan carnival tersebut.

  1. Event Pesona Bunaken

Ketika mendengar nama Bunaken, tentu Kamu sudah terbayang kawasan dengan pemandangan lautnya yang indah. Sejatinya Bunaken memang menjadi salah satu surga bagi para pecinta wisata bawah laut. Di sini Kamu dapat menikmati keindahan kehidupan bawah laut dengan begitu jelas. Bagi Kamu yang ingin mengunjungi Bunaken pada tahun ini, maka jangan lewatkan Event Pesona Bunaken yang akan digelar Juli mendatang. Selain sebagai agenda parawisata di sana, event ini juga diselenggarakan sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam menjaga kelestari alam laut Bunaken, sehingga panorama alaminya dapat dinikmati dari masa ke masa.

  1. Festival Kuliner Aceh

Aceh, tentunya bukan suatu hal yang beru terdengar di telingamu. Kota ini dikenal dengan sebuat serambi Makkah yang dikarenakan kehidupan dan pemerintahannya menggunakan sistem syariat Islam. Khusus pada bulan Juli ini, Aceh akan menggelar sebuah event wisata yang akan memanjakan para pecinta kuliner nusantara. Festival Kuliner Aceh ini akan diadakan pada awal Juli 2019. Bagi Kamu yang memang cinta dengan kuliner nusantara, barangkali festival kuliner satu ini dapat menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu liburan. Perlu kamu ketahui pula bahwa event ini juga termasuk salah satu event internasional yang ada di Aceh. Di sini Kamu akan menemukan 100 stand kuliner yang berasal dari berbagai daerah. Tentunya hal ini menjadi kesempatan emas bagi Kamu yang ingin mencicipi aneka kuliner khas Aceh dan juga kuliner dari daerah lainnya.

  1. Parade 1001 Kuda dan Tenun Ikat NTT

Event wisata kelima yang dapat Kamu kunjungi pada liburan tahun ini adalah event Parade 1001 Kuda dan Tenun Ikat NTT. Kamu ingin melihat puluhan bahkan lebih kuda? Jika iya datanglah ke event yang ada di NTT ini. Di event ini kamu akan menemukan kuda-kuda Sandelwood yang memang sengaja digunakan untuk promosi wisata NTT. Selain itu, Kamu juga dapat melihat langsung tenun ikat khas Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini sendiri akan dilangsungkan pada 5 – 12 Juli 2019.

  1. Yadnya Kasada Bromo

Bromo, tentunya Kamu sudah cukup mengenal tempat wisata unik dan menarik satu ini. Bromo memang menjadi salah satu tujuan para wisatawan untuk melihat bentangan pemandangan alam yang indah. Bagi Kamu yang berkunjung ke Bromo pada Juli mendatang, maka Kamu akan menemukan suatu yang beda. Pada bulan tersebut akan diselenggarakan event wisata Yadnya Kasada Bromo 2019. Event ini merupakan upacara adat yang dilakukan oleh suku setempat.

  1. Event Bumi Rafflesia di Bengkulu

Rafflesia Arnoldi atau Bunga Bangkai merupakan salah satu spesies tumbuhan langka yang ada saat ini. Di Indonesia bunga ini terdapat di kawasan Bengkulu dan merupakan bagian dari parawisata yang ada di sana. Khusus bulan Juli 2019 ini akan diselenggarakan Event Bumi Rafflesia. Pada event ini Kamu akan menemukan beragam kuliner, lomba lukis, lomba foto, atraksi dhol, pameran budaya dan juga pagelaran seni. So, event wisata satu ini akan sangat rugi jika dilewatkan begitu saja. Selain dapat mengikuti beragam rangkaian acara, Kamu juga dapat memberikan edukasi kepada buah hati dengan mengenalkan jenis bunga bangkai tersebut.

  1. Festival Tanah Lot Bali

Bali, siapa yang tidak dengan salah satu surga wisata yang ada di Indonesia saat in. Tidak hanya wisatawan lokal, Bali pun juga dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Hal ini tentunya tidak terlepas dari perkembang industri parawisata yang ada di Bali itu sendiri. Salah satu event wisata yang dapat Kamu nikmati di Bali adalah Festival Tanah Lot. Pada festival ini akan mengusung tema acara yang mengkolabarosikan tigas unsur, yaitu Seni, Budaya dan Kuliner. Rencananya festival tanah lot bali ini akan digelar pada Juli mendatang, perkiraannya tanggal 20 Juli 2019.

  1. Event Biak Munara Mumpasi, Papua

Event wisata selanjutnya yang diselenggarakan pada bulan Juli tahun ini adalah Biak Munara Mumpasi, Papua. Pada pagelarannya, event ini akan dilaksanakan selama 6 hari, di mulai pada 1 Juli dan berakhir pada tanggal 6 Juli. Biasanya akan ada beragam acara, seperti menangkap ikan di air yang surut, berjalan di atas bebatuan yang panas, lomba lari dengan jarak 10 Km, pameran budaya, pertunjukkan tari daerah, hingga juga ada pameran tanaman anggrek. Cukup menarik bukan? Event ini sangat cocok dimasukan ke dalam daftar perjalanan bagi Kamu yang ingin merasakan suasana liburan di tanah Papua.

  1. Festival Babukung

Kamu ingin melihat tarian khas suku dayak? Datang saja ke festival Babukung. Festival wisata ini terdapat di daerah Kalimantan Timur, tepatnya berada di kawasan Lamandau. Di sini Kamu dapat melihat secara langsung tarian dari salah satu suku dayak, yakni Suku Tomun. Para penari yang terlibat dalam acara ini disebut Bakung dan mereka akan mengenakan topeng yang menyerupai karakter hewan tertentu yang dikenal dengan istilah Luha. Jika tertarik, Kamu dapat mengunjungi Kalimantan Tengah pada tanggal 17 Juli mendatang.

  1. Event Wisata ART JOG di Yogyakarta

Selain dikenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga dikenal memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan. Sebut saja Borobudur, Prambanan, Malioboro, Pantai Parang Teritis, dan masih banyak lagi. Tidak hanya objek wisatanya menarik, Yogyakarta pun memiliki sejumlah event wisata yang sayang untuk dilewatkan.  Salah satu event wisata yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini dikenal dengan nama ART JOG. Event ini sangat cocok bagi Kamu yang memiliki daya tarik dengan dunia seni. Pasalnya pada event tersebut akan dipenuhi dengan suguhan produk seni rupa maupun seni budaya. Perlu Kamu ketahui pula bahwa event ART JOG ini sendiri dikabarkan selalu mendapat antusiasme tinggi dari para pengunjung dan bahkan selalu ramai di setiap pagelarannya. Bagi Kamu yang ingin ART JOG, Kamu dapat mengatur perjalananmu ke Yogyakarta pada Juli 2019 ini.

  1. Tobali City on Fire Bangka Belitung

Tidak hanya dikenal dengan produksi timahnya, Bangka Belitung juga dikenal memiliki potensi wisata yang cukup besar. Jika Kamu berencana mengunjungi Bangka Belitung pada penghujung Juli 2019 ini, Kamu berkesempatan untuk menyaksikan event Tobali City on Fire. Event ini sendiri merupakan gagasan dari pemerintah Bangka Belitung yang ingin mengembangkan industri parawisata yang ada di kawasan tersebut. Pada event tobali ini, Kamu dapat menyaksikan berbagai pertunjukkan budaya, tradisi, carnival, hingga perlombaan olahraga. Rencananya event akbar ini akan dilangsungkan dari tanggal 25 Juli hingga 28 Juli 2019.

  1. Festival Internasional Toraja

Beraling ke Sulawesi Selatan, tepatnya di daerah Toraja, Kamu dapat menyaksikan sebuah festival dengan tajuk Festival Internasional Toraja. Festival ini akan digelar selama tig hari, mulai dari 19 Juli hingga 20 Juli 2019. Sesuai dengan namanya, maka event ini akan diikuti oleh peserta dari berbagai belahan dunia, tidak terkecuali perwakilan dari benua Eropa dan Amerika. Tentunya acara akan menyuguhkan sejumlah tampilan yang akan memanjakan setiap pengunjungnya. Oleh sebab itu, jika Kamu belum memiliki rencana liburan untuk tahun ini, maka festival internasional Toraja ini dapat dijadikan pilihan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

  1. Event Wisata Sulawesi Tengah, Festival Pulo Dua

Masih dari kawasan Sulawesi, Kamu juga dapat mengunjungi sebuat festival yang diberi nama festival pulo dua. Festival yang ada di Sulawesi Tengah ini memang terbilang unik dan menarik. Pasalnya festival ini mengusung tema yang disebu B3M (berenang, menyelam, mendaki dan memancing). Terdengan menarik bukan? Rencananya festival ini juga akan diselenggarakan pada bulan Juli selama tiga hari, di mulai dari tanggal 26 sampai tanggal 28 Juli 2019. Ada beragam kegiatan yang dapat diikuti mulai dari memancing, foto underwater, berenang, hingga lomba mengenakan tenun khas Nambo. Selain itu juga tersedia aneka stand kuliner yang di olah dari bahan utama berupa Ikan.

  1. Event Wisata BEC Jawa Timur

Event wisata ke-15 yang dapat dimasukan ke dalam agenda liburan pada bulan Juli mendatang adalah event BEC yang ada di Jawa Timur. BEC atau Banyuwangi Ethno Carnival merupakan sebuah festival budaya yang mengedepankan kebudayaan lokal dari suku asli Banyuwangi, Osing. Walaupun menyusung kebudayaan lokal, festival BEC ini juga termasuk kategori event internasional. Biasanya para peserta BEC akan mengenakan kostum dengan ciri khas kebudayaan Banyuwangi. Tidak hanya mengandung unsur budaya lokal, kostum tersebut juga menggunakan warna yang begitu nyetrik. Tertarik? Festival ini dapat Kamu kunjungi pada 27 Juli 2019.

  1. Event Wisata Cisadane Banten

Event wisata berikutnya yang juga menarik untuk dikunjungi adalah festival Cisadane Banten. Perlu Kamu ketahui, event ini telah ada sejak tahun 1993 dan terus dilestarikan hingga sekarang. Pada event Cisadane ini Kamu berkesempatan untuk menyaksikan aneka pagelaran seni dan budaya khas dari Banten. Selain itu juga akan diadakan pameran produk UKM yang dikelola oleh masyarakat Tanggerang dan wilayah lain di sekitarnya. Harapannya event ini dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan parawisata Banten serta berpengaruh pula terhada produksi UKM Banten. Tertarik untuk ke sana? Silahkan atur perjalanan liburanmu dan pastikan Kamu mencatat tanggal event ini yaitu pada tanggal 27 Juli sampai 3 Agustus 2019.

  1. Mizan Al Sufi

Event wisata ke-17 yang ada di bulan Juli tahun ini adalah Mizan Al Sufi. Event ini sangat cocok bagi Kamu yang memiliki ketertarikan dengan dunia sufi. Penyelenggara dari event ini tidak lain adalah Pesantren Al Mizan yang berada di Jawa Barat, tepatnya di kawasan Majalengka. Berdasarkan catatannya event Mizan Al Sufi telah diselenggarakan selama 1 dekade. Biasanya para pengunjung akan disuguhkan penampilan beragam aliran musik dalam dunia sufi. Event wisata Mizan Al Sufi akan sangat disayangkan jika Kamu lewatkan begitu saja. Pasalnya event serupa belum tentu diadakan di kota-kota lainnya yang ada di Indonesia. So, jika Kamu memiliki ketertarikan dengan dunia Sufi, tiada salahnya jika liburan kali ini Kamu jadwalkan untuk datang ke event tersebut.

Bagaimana sudah menentukan tujuan liburanmu kali ini? Mudah-mudahan salah satu atau beberapa dari 17 event wisata tadi dapat membantumu mengatur perjalanan liburan di tahun ini. Jadwalkanlah sedemikian rupa perjalananmu kali ini agar lebih berkesan dan membekas di ingatan. Jangan lupa untuk memperhatikan perlengkapan dan barang bawaanmu, khususnya jika Kamu berencana mengajak turut serta anak-anak tercinta. Siapkan pula obat-obatan maupun vitamin tambahan untuk mendukung kesehatan tubuhmu selama dalam liburan.

Bagi Kamu yang ingin liburan ke daerah Jawa Timur dan sekitarnya, namun pusing dengan urusan kendaraan untuk akomodasimu selama liburan? Tenang semua itu ada solusinya. Caranya kamu dapat menghubungi Vita Transport. Vita Transport merupakan sebuah jasa rental mobil yang memiliki fasilitas supir. Apakah mahal? Tenang, Kamu dapat melakukan negosiasi dengan pihak jasa untuk kesepakatan harga terbaiknya. Selain melayani rental mobil, jasa ini juga menawarkan paket wisata diantaranya adalah paket wisata Malang, Surabaya, Batu dan Bromo. Penasaran? Segera hubungi Vita Transport melalaui kontak yang telah disediakan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Topics: Uncategorized | No Comments »

Comments